Dark/Light Mode

Gandeng Royal Brompton, Mandaya Hospital Resmikan Pusat Jantung Anak

Senin, 22 Mei 2023 13:08 WIB
Peresmian Pusat Jantung Anak yang dihadirkan Mandaya Hospital bekerja sama dengan Rumah Sakit asal Inggris, Royal Brompton and Harefield Hospitals. (Foto: Dok. Mayanda Hospital)
Peresmian Pusat Jantung Anak yang dihadirkan Mandaya Hospital bekerja sama dengan Rumah Sakit asal Inggris, Royal Brompton and Harefield Hospitals. (Foto: Dok. Mayanda Hospital)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mandaya Royal Hospital Puri meresmikan pusat jantung anak dan penyakit jantung bawaan.

Peresmian ini bersamaan digelarnya seminar medis bersama dengan Rumah Sakit asal Inggris, Royal Brompton and Harefield Hospitals, Senin (22/5).

Presiden Directur Mandaya Hospital Group, dr. Benedictus Widaja menyampaikan, peluncuran pusat jantung anak ini merupakan dukungan terhadap program pemerintah dalam memperluas akses dan layanan terhadap penanganan penyakit jantung bawaan khususnya pada anak yang masih cukup jarang di Indonesia.

Baca juga : Gandeng 7 Parpol, Calon PM Thailand Pita Siap Bentuk Pemerintahan Demokratis

“Terdapat lebih dari 12 ribu bayi dengan penyakit jantung bawaan di Indonesia, Mandaya Royal Hospital Puri hadir dalam memenuhi kebutuhan fasilitas pelayanan ini," ujar Ben Widaja dalam keterangannya, Senin (22/5).

Menurutnya, Mandaya Hospital dapat menangani penyakit jantung anak seperti bocor jantung, aritmia, ASD, VSD, PDA hingga TOF yang cukup banyak dialami bayi dan anak.

"Kami beruntung didukung oleh tim dokter jantung anak yang dipimpin seorang dokter senior yaitu dr. Anna Ulfah, Sp.JP (K) Ped. Tim ini berjumlah 9 dokter jantung yang terdiri dari konsultan jantung anak intervensi, pemetaan jantung anak, konsultan anastesi jantung, hingga bedah jantung anak," ujar Ben Widaja.

Baca juga : Gandeng Indika Group, KJL Mantapkan Pemasaran Logistik Di Patimban Hingga Balikpapan

TIdak hanya itu Mandaya Hospital juga memiliki fasilitas pendukung seperti Cathlab terbaru, NICU, Ruang Operasi Bedah Jantung, Cardiac MRI, Cardiac Spectral CT-Scan, Echocardiography 3D dan lain-lain.

Pada kesempatan yang sama, pemilik Mandaya Hospital Group, Dr. Edhijanto Widaja Taufik meresmikan Widaya Foundation, sebuah Yayasan yang berfokuskan pada pengembangan sumber daya manusia dan riset Kesehatan di bidang Jantung, Kanker, Saraf, Terapi Genomik, Terapi Nuklir, Penelitian Stem Cell, dan Pengobatan Presisi.

“Widaya Foundation bertujuan untuk menciptakan pusat pengetahuan dan inovasi kesehatan, dimana praktisi medis memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan profesional medis global," ujar Edhijanto Widaja.

Baca juga : Gandeng Khong Guan, KidZania Kenalkan Profesi Pembuat Biskuit

Seminar medis kali ini dihadiri oleh dokter spesialis jantung anak seluruh Indonesia yang tergabung dalam organisasi PERKANI serta berbagai praktisi medis yang tertarik dalam penanganan jantung anak dan penyakit jantung bawaan.

"Acara ini merupakan seminar internasional lanjutan yang diadakan oleh Mandaya Hospital Group, yang sebelumnya berkolaborasi dengan salah satu Rumah Sakit terbaik dari Amerika yaitu Cleveland Clinic.," pungkas Ben Widaja. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.