Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Jangan Mager, Yuk Bakar Kalori Lewat Aktivitas Rumah Tangga

Sabtu, 21 September 2019 11:23 WIB
Foto: Health Fitness Revolution
Foto: Health Fitness Revolution

RM.id  Rakyat Merdeka - Akhir pekan, memang paling enak untuk leyeh-leyeh. Apalagi, setelah lima hari bekerja penuh, yang kadang sampai larut malam. Tapi ingat, jangan mager atau malas gerak terus.

Sambil mengerjakan pekerjaan rumah, Anda juga bisa bakar kalori untuk menjaga kebugaran. Berikut ini rincian kalori yang dibakar dari sejumlah aktivitas rumah tangga yang dapat Anda lakukan:

Menggosok kamar mandi

Health Fitness Revolution melaporkan, aktivitas menggosok kamar mandi selama 30 menit dapat membakar 200 kalori. Menghilangkan noda membandel dari ubin, juga merupakan cara yang bagus untuk mengencangkan otot lengan dan bahu Anda.

Merapikan tempat tidur

Baca juga : Pegadaian Bagikan Masker dan Susu untuk Korban Asap Sumatera

Bila kegiatan ini dilakukan selama 30 menit, Anda bisa membakar 130 kalori. Sama halnya jika Anda jogging di treadmill, atau di medan datar selama 15 menit.

Menenteng tas belanja

Bila Anda shopping dan menenteng tas selama 30 menit, itu sama dengan membakar 190 kalori. Bahkan, bisa lebih jika tas itu sangat berat. Tapi ingat, bagikan berat secara merata di masing-masing tangan. Atau, tukar bolak-balik secara berkala.

Membawa tas dengan muatan lebih pada satu sisi, tidak hanya akan membuat otot-otot Anda terlalu berlebihan dalam bekerja. Tetapi juga bisa mencederai tulang belakang Anda.

Membersihkan jendela

Baca juga : Malaysia Lempar Batu Sembunyi Tangan

Seminggu tak dicolek, kaca jendela tentu kotor. Apalagi, saat musim kemarau. Luangkan waktu 30 menit, maka Anda akan membakar 125 kalori. Jumlah ini sama dengan 20 menit yoga kekuatan.

Menyedot debu

Karpet, sofa, dan lantai yang berdebu sungguh membuat rumah Anda tak sehat dan tak nyaman dipandang. Jika Anda mau menyisihkan waktu 30 menit untuk menyedot debu-debu yang melapisi furniture dan area rumah, setidaknya Anda akan membakar sekitar 90 kalori. Ini setara dengan 15 menit kick boxing.

Cuci piring dengan mesin

Melakukan aktivitas ini selama 30 menit, tak ubahnya dengan membakar 105 kalori.

Baca juga : Kiat Sehat Pekerja Kantoran, 30 Menit Aktivitas Fisik

Cuci piring dengan tangan

Dalam waktu yang sama, aktivitas ini jelas membakar kalori lebih banyak, dibanding mencuci dengan dishwasher alias mesin cuci piring. Per 30 menit, Anda bisa buang 160 kalori.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.