Dark/Light Mode

Jangan Mager, Yuk Bakar Kalori Lewat Aktivitas Rumah Tangga

Sabtu, 21 September 2019 11:23 WIB
Foto: Health Fitness Revolution
Foto: Health Fitness Revolution

 Sebelumnya 
Mengelap debu

30 menit aktivitas ini setara dengan membakar sekitar 50 kalori.

Menyetrika

Sekali-kali, cobalah untuk tidak menyerahkan tugas ini ke laundry atau asisten Anda. Sebab, 30 menit menyetrika sama artinya dengan membakar sekitar 70 kalori. Bahkan, ada bonusnya: otot-otot tubuh bagian atas jadi kencang.

Berdiri tegak di papan setrika dan tekan dengan kuat. Berpindah tangan secara berkala. Ini penting supaya Anda tidak mengembangkan satu lengan secara berlebihan.

Baca juga : Pegadaian Bagikan Masker dan Susu untuk Korban Asap Sumatera

Naik tangga 

Jangan terus-terusan naik tangga jalan atau lift. Rugi. Sebab, 30 menit aktivitas ini mampu membakar 285 kalori.

Mengecat dan mendekor rumah

Aktivitas ini tak hanya membuat Anda semakin cantik, tetapi juga mampu membakar sekitar 160 kalori.

Mencangkul

Baca juga : Malaysia Lempar Batu Sembunyi Tangan

Aktivitas berkebun selama 30 menit ini, mampu membakar sekitar 315 kalori. Tak ubahnya dengan 45 menit bersepeda di medan datar.

Mencangkul bisa memperkuat otot betis, paha, lengan, dan bahu Anda. Jika Anda melakukannya cukup keras dan melanjutkan aktivitas selama 20 menit atau lebih, Anda dapat meningkatkan detak jantung dan memperkuat sistem kardiovaskular.

Cuci mobil

Untuk setiap 30 menit mencuci mobil, Anda akan membakar 143 kalori. Bahkan, otot lengan dan perut Anda juga ikut bekerja.

Menyiangi tanaman

Baca juga : Kiat Sehat Pekerja Kantoran, 30 Menit Aktivitas Fisik

Alokasikan waktu untuk kegiatan ini. Maka, dalam 30 menit, Anda akan membakar 115 kalori. Jumlah ini sama dengan 15 menit latihan beban.

Dalam aktivitas ini, Anda disarankan untuk berhati-hatilah menekuk dengan kaki sambil menjaga tulang belakang tetap lurus. Ini penting agar punggung Anda tidak sakit.

Menyapu dedaunan yang gugur

Daun-daun kering yang berhamburan di halaman atau pekarangan rumah, sungguh kurang sedap dipandang. Lakukan aktivitas ini selama 30 menit, maka Anda akan mampu membuang 225 kalori. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.