Dark/Light Mode

PANDI Gelar Domain Fest Dan Relaunching Link Shortener Karya Anak Bangsa

Jumat, 1 September 2023 21:57 WIB
Acara DomainFest .id dan relaunching links shortener karya anak bangsa S.id di The Breeze BSD, Tangerang, Jumat (1/9). (Foto: PANDI)
Acara DomainFest .id dan relaunching links shortener karya anak bangsa S.id di The Breeze BSD, Tangerang, Jumat (1/9). (Foto: PANDI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) sebagai Registri Nama Domain Tingkat Tinggi Indonesia (.id) menyelenggarakan event festival Domain pertama dan terbesar di Indonesia yaitu DomainFest .id. 

Pada event yang dilaksanakan di The Breeze BSD, Tangerang pada tanggal 1-2 September 2023 ini, seluruh peserta yang hadir berkesempatan untuk mengikuti pameran, talkshow, workshop, hiburan, games maupun doorprize berhadiah senilai jutaan rupiah.

Ketua PANDI John Sihar Simanjuntak mengatakan event DomainFest .id ini akan dilaksanakan secara rutin setiap tahun. Kegiatan tersebut merupakan bentuk komitmen PANDI dalam memajukan industri Domain, Cloud dan Hosting di Indonesia. 

Menurut John, hal itu sesuai dengan salah satu misi PANDI yaitu berperan aktif dalam pengembangan, riset dan inovasi teknologi yang terkait dengan Internet. 

"Melalui event yang dapat diikuti secara gratis ini, diharapkan seluruh kalangan masyarakat dapat terlibat dan mendapatkan insight baru tentang apa itu Website, Domain, Cloud dan Hosting serta mampu memberikan masukan untuk pengembangan infrastruktur internet ke depannya seperti penerapan blockchain, Artificial Intelligence (AI) dan lain-lain,” harap John dalam keterangannya, Jumat (1/9).

Baca juga : Sopir Truk Ganjar Gelar Sosialisasi dan Mancing Bersama Di Karawang

Ia menambahkan bahwa tujuan dilaksanakannya DomainFest .id ini adalah sebagai sarana sharing dan edukasi terkait industri internet, sarana networking Registrar dan pelaku industri internet lainnya secara offline, mendapat masukan dari masyarakat terkait pengembangan domain .id dan program-program PANDI ke depannya.

"Untuk memberikan kontribusi ide dan gagasan bagi kemajuan teknologi internet Indonesia,” tandasnya.

Lebih lanjut, John juga menjelaskan bahwa kegiatan ini diisi oleh berbagai pameran dari Registrar maupun penyedia jasa internet. Selain itu, ada juga talkshow dan workshop yang memuat insight terkini seputar dunia Domain, Cloud maupun Hosting. Lengkap dengan hiburan, doorprize dan games berhadiah menarik.

Puncak acara dari DomainFest .id ini adalah pencanangan domain .id sebagai identitas digital dan internet Indonesia. Selain itu juga me-relaunching S.id sebagai microsite dan link shortener asli karya anak bangsa.

"Diresmikan secara langsung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia pada 1 September 2023,” jelas John.

Baca juga : Jadi Provinsi Ketiga, Relawan Buruh Sahabat Ganjar Deklarasi Di Banten

Ia juga berharap, kegiatan DomainFest .id ini mampu berdampak pada pertumbuhan Domain .id sebagai Identitas Digital dan Internet Indonesia. 

Dalam catatannya, per 31 Juli 2023, sudah 769.965 nama domain .id teregistrasi. Dari total nama domain itu, paling besar menggunakan ekstensi nama domain .my.id yakni sebesar 40,17 persen atau sebanyak 309.270 nama domain my.id. 

Disusul dengan domain. id sebesar 28,56 persen atau sebanyak 219.918 nama domain. id. 

"Melalui event DomainFest .id ini diharapkan angka ini juga dapat terus bertumbuh ke depannya," tutur John.

Selanjutnya John juga menjelaskan bahwa selain kegiatan DomainFest .id, PANDI juga akan terus melaksanakan berbagai kegiatan dan sinergi dengan pemangku kepentingan dalam rangka memajukan industri internet di Indonesia. 

Baca juga : BMK 1957 DKI Gelar Pelatihan Dan Pembekalan Satkar

PANDI sebutnya juga akan terus melaksanakan kegiatan-kegiatan positif ke depannya seperti kegiatan PANDI Meeting, kerjasama dengan berbagai instansi terkait sosialisasi, FGD dan workshop, serta menyelenggarakan atau terlibat dalam event-event pameran yang serupa dengan DomainFest .id ini. 

"Sebelumnya PANDI juga telah menandatangani MoU dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia dalam rangka mendukung Domain .id sebagai identitas digital dan internet Indonesia,” tutup John.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.