Dark/Light Mode

Peduli Budaya Nusantara, WBI Gelar Jagantara 3.0

Sabtu, 27 Januari 2024 12:16 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Warisan Budaya Indonesia (WBI) menggelar acara Road to Jaga Warisan Nusantara (Jagantara) 3.0, di Jakarta, Jumat (26/1/2024).

Gelaran acara itu merupakan bentuk kepedulian untuk menjaga budaya Indonesia.

Ketua WBI Yanti Airlangga mengatakan, Jagantara menjadi ajang mengangkat berbagai produk budaya dari berbagai daerah di Indonesia.

Hal itu dengan menghadirkan berbagai produk budaya dan merupakan hasil karya UMKM, mulai dari produk fashion, aneka aksesoris hingga pelengkap interior.

"WBI sangat peduli dengan budaya nusantara oleh karena itu kegiatan ini merupakan tindakan nyata untuk menjaga dan melestarikan budaya Indonesia," kata Yanti dalam sambutannya di acara Jagantara, dikutip Sabtu (27/1/2024).

Baca juga : Silaturahmi dengan Nyai Khos se-Nusantara, Gibran: Kami Ingin Gerakkan Ekonomi Santri

Yanti menambahkan, kegiatan tersebut akan digelar secara berkala. Bahkan, katanya, desainer senior akan berkolaborasi dengan desainer muda agar mendapatkan transfer pengetahuan yang lebih banyak lagi.

Acara itu menghadirkan karya-karya desainer Indonesia yang mengutamakan sentuhan etnik.

Seperti, Aulya Akhsan, Carmanita, Didiet Maulana, Nita Seno Adji, Putroh Ramadhan, Wilsen Willim, WBI Collection, EPA Jewellry dan Tiyasa.

Para desainer yang juga anggota WBI ini sebagian adalah desainer-desainer senior yang karya-karyanya telah banyak mendapatkan apresiasi dalam dunia mode.

Mereka akan berkolaborasi dalam peragaan busana, bersama desainer-desainer muda WBI, yang dalam sentuhan karyanya juga selalu mengedepankan kekayaan budaya Indonesia.

Baca juga : Ini Alasan PSI Gelar Kampanye Akbar Perdana Di Solo

"Kolaborasi ini sekaligus menjadi wujud nyata upaya WBI mendukung regenerasi perancang busana Indonesia, dan mengangkat wastra Indonesia. Munculnya desainer-desainer muda dengan rancangan yang lebih segar ini diharapkan bisa membawa generasi muda lebih mencintai dan bangga mengenakan wastra Indonesia," ucapnya.

Sementara itu, salah satu Founder WBI Anindya Bakrie mengajak untuk mendukung desainer Indonesia, pembatik dan pengrajin yang telah berusaha melestarikan budaya Indonesia.

Menurutnya, kerja sama antara pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat dalam menciptakan ekosistem yang mendukung pengembangan industri budaya sangat penting.

Oleh karena itu, dukungan UMKM sektor budaya harus ditingkatkan kembali.

"UMKM ini adalah katalisator utama dalam mempertahankan tradisi lokal dan menciptakan produk-produk yang mencerminkan kekayaan budaya kita. Oleh karena itu, mendukung UMKM dalam industri budaya bukan hanya tentang memajukan ekonomi, tetapi juga melibatkan upaya pelestarian budaya secara langsung," katanya.

Baca juga : Ini Daftar Pemenang Kompetisi Karya Jurnalis IKN

Acara ini juga disemarakkan dengan tampilnya Dewa 19, Fariz RM, Syandria Kembalikan Baliku, DJ Anton dan Geronimo Band. 

Dengan semangat Road to Jagantara 3.0, diharapkan kegiatan Jagantara 3.0 dapat direncanakan dengan lebih baik, agar membawa angin segar dan dampak positif bagi industri budaya Indonesia.

Kegiatan ini juga menjadi wujud kepedulian WBI untuk persatuan dan kesatuan yang menjadi keharusan untuk terus dijaga dan terbingkai dalam semangat keberagaman Indonesia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.