Dark/Light Mode

Potong Kuku, Cara Sederhana Hindari Corona

Sabtu, 18 April 2020 08:12 WIB
Potong Kuku, Cara Sederhana Hindari Corona

 Sebelumnya 
"Metode cuci tangan yang optimal, yaitu menggunakan sabun dan air dengan menggosok kuat 20 detik di sekitar jari, ibu jari, pergelangan tangan, dan di sekitar dan di bawah kuku, adalah solusi terbaik untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan infeksi virus lainnya," jelas Pathak.

Saran lainnya, lakukan disinfeksi rutin pada peralatan potong kuku Anda, dengan menggunakan disinfectant spray. Pastikan bahan-bahannya aman, dan cermati cara penggunaannya.

Satu hal lagi, jangan iseng menggigit kuku, jika tak ingin kena Corona.

Baca juga : Barcelona Kudu Juara Lewat Keringat

"Kuman pernapasan seperti Corona tak bisa masuk ke tubuh Anda. Kecuali, Anda membiarkannya masuk melalui mata, hidung, atau mulut Anda. Menggigit kuku dan kutikula bisa membuat Anda berisiko terkena infeksi bakteri di sekitar kuku," papar Pathak.

Agar tak terjangkit Covid-19, para ahli juga menyarankan untuk menyetop sementara perawatan kecantikan seperti rambut, kuku, dan kulit di salon dan sejenisnya.

Mayoritas salon di berbagai belahan dunia kini telah tutup sementara, karena bisnisnya tak termasuk sektor penting yang dapat beroperasi di tengah pandemi.

Baca juga : BTN Sumbang Alat Medis Untuk Tangani Corona

Melalui situs resminya, CDC telah menerbitkan daftar rekomendasi kebersihan kuku yang tidak secara khusus dipatok pada pencegahan Covid-19. Namun sejalan dengan saran Pathak untuk praktik terbaik perawatan kuku di tengah pandemi.

"Kebersihan tangan yang tepat, termasuk rajin membersihkan dan memotong kuku - yang dapat menampung kotoran dan kuman - dapat berkontribusi pada penyebaran beberapa infeksi, seperti cacing kremi. Kuku jari harus selalu pendek. Bagian bawahnya harus sering dibersihkan dengan sabun dan air. Karena panjangnya, kuku dapat menampung lebih banyak kotoran dan bakteri ketimbang kuku pendek. Sehingga berpotensi dalam penyebaran infeksi," tulis CDC. [HES]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.