Dark/Light Mode

Gunakan Kayu Manis dan Lemon, Vir-O Diklaim Antiseptik Tanpa Ganggu Pernapasan

Selasa, 29 September 2020 21:26 WIB
Vir-O, antiseptik produksi Beauty Barn (Foto: Dok. Beauty Barn)
Vir-O, antiseptik produksi Beauty Barn (Foto: Dok. Beauty Barn)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejak wabah Covid-19 masuk Indonesia, berbagai pihak banyak melakukan penyemprotan disinfektan. Namun, ada juga yang khawatir, disinfektan yang mengandung bahan kimia dapat mengganggu kesehatan, utamanya pernapasan. Apalagi untuk anak kecil. Untuk itu, diperlukan disinfektan yang bukan hanya bisa mengusir bakteri dan virus, tetapi juga tidak mengganggu pernapasan anak-anak. 

Sebenarnya banyak bahan natural dari alam yang ketika diformulasikan bersama-sama bisa menjadi bahan antiseptik yang bukan hanya aman bagi anak-anak, tetapi juga untuk ibu hamil, ibu menyusui, dan mereka yang memiliki alergi pernapasan. Salah satu yang bersifat antibakteri adalah kayu manis. 

Baca juga : Banyak Saksi Belum Diperiksa, KPK Tambah Masa Penahanan

Merujuk penelitian dari Swinburne University of Technology oleh Sanjida Topa dengan timnya, sudah banyak studi tentang kayu manis yang dapat berperan sebagai pelindung anti-bakteri. Senyawa Cinnamaldehyde (CAD) yang ada dalam aroma dan citarasa kayu manis yang unik, ternyata dapat menerobos biofilms. Biofilms adalah lapisan pelindung yang dibangun bakteri untuk menyerang sistem imun melalui infeksi. 

“Selain itu, kayu manis juga memiliki khasiat anti-fungal atau anti-jamur. Umumnya dalam udara terdapat begitu banyak bakteri juga virus ditambah kelembaban juga suhu yang terus berubah, kadang kita sering menemukan jamur di sekitar kita,” kata pendiri sekaligus pemilik Beauty Barn, Welly Ng, Selasa (29/9).

Baca juga : Bantu UMKM Di Masa Pandemi, BGR Bikin Aplikasi Warung Pangan

Kemudian, kata Welly, ada lemon. Lemon memiliki karakter dapat menurunkan pH dalam lingkungan sehingga siklus hidup bakteri tidak dapat bertahan. Jika lemon dan kayu manis diformulasikan menjadi satu sebagai antiseptik dalam disinfektan, terutama jika tidak mengandung pewangi buatan, sesak napas yang sering dialami banyak orang ketika menghirup disinfektan akan dapat dihindari. 

Welly paham, sekarang ini memang sulit untuk menemukan produk disinfektan yang aman bagi pernapasan. Apalagi begitu banyak serbuan produk impor. Berangkat dari hal itu, Beauty Barn, sebagai salah satu brand lokal memanfaatkan rempah-rempah sebagai bahan utama dengan mengeluarkan Vir-O sebagai produk disinfektan yang aman untuk pernapasan anak-anak, ibu hamil, ibu menyusui, dan untuk mereka yang sensitif pada aroma menyengat serta memiliki alergi pernapasan. 

Baca juga : Ketahanan Nasional Harus Dituntaskan dengan Vaksin

“Vir-O tanpa menggunakan bahan-bahan berbahaya seperti hydrogen peroxide, phthalates sebagai bahan pewangi, juga tidak menggunakan alkohol tinggi. Dengan kandungan lemon dan kayu manis, Vir-O bisa menjadi pilihan yang aman bagi kesehatan pernapasan kita,” paparnya. [KW]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.