Dark/Light Mode

Permukaan Benda Punya Risiko Tularkan Virus Corona

Selalu Bersihkan Dan Semprot Disinfektan, Alkohol Atau Klorin

Sabtu, 14 Nopember 2020 06:16 WIB
Ilustrasi semprotan disinfektan. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi semprotan disinfektan. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Berhati-hatilah saat menyentuh enam permukaan benda ini. Sebab, berisiko menjadi sarana penularan virus Corona lebih tinggi daripada yang lainnya.

SATGASCOVID19.ID mengunggah meme enam permukaan benda yang berisiko sebarkan Covid-19. Yaitu, jendela angkutan umum, layar ponsel, layar dan tombol ATM, mata uang, ruang tunggu rumah sakit dan stainless steel di dapur.

Berita Terkait : Rentan Covid, Ibu Hamil Tolong Keluar Rumah Seperlunya Saja

"Pagi ini mau bagi bagi tips mengenali permukaan benda yang berisiko menyebarkan Covid-19. Jadi ada enam permukaan benda yang berisiko dan sahabat minsat harus selalu dijaga kebersihan, ya,” ujar Satgas-Covid19.id dalam captionya.

WHO Indonesia mengajak masyarakat untuk memastikan semua permukaan yang kerap disentuh seperti ruang kerja, meja, telepon atau tombol pintu senantiasa dibersihkan dan didisinfeksi. Lindungi diri sendiri dan keluarga dari virus Corona.

Berita Terkait : Rajinlah Cuci Tangan Pake Sabun, Hindari Covid-19 Lewat Sentuhan

Adi Wirawan menyambar. Dia mengungkap, studi terbaru di medRxiv: SARS-CoV2 penyebab Covid-19 mampu bertahan 3 jam di udara, 4 jam di tembaga, 24 jam di kardus, dan 2-3 hari di permukaan plastik dan stainless steel. “Yuk jaga kebersihan selalu,” ajak dia.

Indonesia Baik menimpali. Dia bilang, virus Corona dapat bertahan pada permukaan benda dalam beberapa jam sampai berhari-hari. “Demi keselamatan bersama, yuk ganti baju sesampainya di rumah,” pinta dia.

Berita Terkait : Silaturahmi Jalan, Tetapi Jangan Lupa Jaga Prokes

Kfgibran menambahkan, virus Corona bisa bertahan 3 jam di udara dan 3 hari di permukaan besi dan plastik. Jadi, kata dia, penting memakai topeng muka dan basuh tangan, serta social distancing.

Menurut Amelia Martira, virus Corona menular melalui droplet yang menempel di permukaan yang keluar akibat batuk, bersin atau bicara. Droplet berisi virus, sebut dia, bisa bertahan cukup lama, tergantung berbagai kondisi.
 Selanjutnya