Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Permukaan Benda Punya Risiko Tularkan Virus Corona

Selalu Bersihkan Dan Semprot Disinfektan, Alkohol Atau Klorin

Sabtu, 14 November 2020 06:16 WIB
Ilustrasi semprotan disinfektan. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi semprotan disinfektan. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Berhati-hatilah saat menyentuh enam permukaan benda ini. Sebab, berisiko menjadi sarana penularan virus Corona lebih tinggi daripada yang lainnya.

SATGASCOVID19.ID mengunggah meme enam permukaan benda yang berisiko sebarkan Covid-19. Yaitu, jendela angkutan umum, layar ponsel, layar dan tombol ATM, mata uang, ruang tunggu rumah sakit dan stainless steel di dapur.

Baca juga : Wilayah Risiko Penularan Corona Nambah, Pemda Diminta Keluar Zona Nyaman

"Pagi ini mau bagi bagi tips mengenali permukaan benda yang berisiko menyebarkan Covid-19. Jadi ada enam permukaan benda yang berisiko dan sahabat minsat harus selalu dijaga kebersihan, ya,” ujar Satgas-Covid19.id dalam captionya.

WHO Indonesia mengajak masyarakat untuk memastikan semua permukaan yang kerap disentuh seperti ruang kerja, meja, telepon atau tombol pintu senantiasa dibersihkan dan didisinfeksi. Lindungi diri sendiri dan keluarga dari virus Corona.

Baca juga : Cegah Corona, ID42NER Bagikan Alat Semprot Disinfektan Ke Rumah Ibadah

Adi Wirawan menyambar. Dia mengungkap, studi terbaru di medRxiv: SARS-CoV2 penyebab Covid-19 mampu bertahan 3 jam di udara, 4 jam di tembaga, 24 jam di kardus, dan 2-3 hari di permukaan plastik dan stainless steel. “Yuk jaga kebersihan selalu,” ajak dia.

Indonesia Baik menimpali. Dia bilang, virus Corona dapat bertahan pada permukaan benda dalam beberapa jam sampai berhari-hari. “Demi keselamatan bersama, yuk ganti baju sesampainya di rumah,” pinta dia.

Baca juga : Corona Ciptakan Peradaban Baru Di Sektor Keuangan...

Kfgibran menambahkan, virus Corona bisa bertahan 3 jam di udara dan 3 hari di permukaan besi dan plastik. Jadi, kata dia, penting memakai topeng muka dan basuh tangan, serta social distancing.

Menurut Amelia Martira, virus Corona menular melalui droplet yang menempel di permukaan yang keluar akibat batuk, bersin atau bicara. Droplet berisi virus, sebut dia, bisa bertahan cukup lama, tergantung berbagai kondisi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.