Dark/Light Mode

Permukaan Benda Punya Risiko Tularkan Virus Corona

Selalu Bersihkan Dan Semprot Disinfektan, Alkohol Atau Klorin

Sabtu, 14 November 2020 06:16 WIB
Ilustrasi semprotan disinfektan. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi semprotan disinfektan. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Menurut Geng Farmasi Otai, virus Corona mampu bertahan hidup pada setiap permu-kaan yang berbeda-beda. Sehingga, lanjut dia, disarankan agar sentiasa mencuci tangan dengan air dan sabun, atau hand sanitizer sebelum dan setelah melakukan aktivitas di luar. “Jadi harus selalu diingat,” tandasnya.

Khairul Hafidz menambahkan, virus Corona mampu bertahan di permukaan selama beberapa jam hingga beberapa hari, bergantung kepada ke-adaan. Karena tu, kata dia, sangat dianjurkan agar selalu menjaga kebersihan tangan, basuh tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer. “Juga ikuti etika batuk,” ingatnya lagi.

Baca juga : Wilayah Risiko Penularan Corona Nambah, Pemda Diminta Keluar Zona Nyaman

Iss Indonesia bilang, tanpa disadari, ponsel menjadi salah satu sarang bakteri, kuman dan virus. Bahkan, kata dia, menurut penelitian, virus Corona bisa menempel di permukaan ponsel sampai 28 hari. “Yuk, rutin bersihkan ponselmu,” ajak dia.

Dirga Sakti Rambe mengungkap penelitian terbaru yang menunjukkan Virus Corona mampu bertahan hidup di permukaan kulit dan menularkan hingga 9 hingga 11 jam.Namun, virus mati dalam 15 detik dengan alkohol 80 persen. Hal ini, kata dia, menunjukkan pentingnya mencuci tangan. “Jangan pernah menyentuh hidung, mulut & mata sebelum cuci tangan,” ujar Dirga mengingatkan.

Baca juga : Cegah Corona, ID42NER Bagikan Alat Semprot Disinfektan Ke Rumah Ibadah

“Habis pakai hand sanitizer jangan langsung nyalain korek ya. Bahaya,” wanti-wanti Buyung Apa.

Sobatsehatkita mengingatkan, alkohol atau klorin memang bisa membersihkan permukaan benda yang sering disentuh. Namun, menyemprotkannya pada tubuh tidak akan membunuh virus yang sudah masuk dalam tubuh. Malah berbahaya, jika terkena pakaian, mata, atau mulut. “Yuk lawan virus Corona dengan benar,” kata dia.

Baca juga : Corona Ciptakan Peradaban Baru Di Sektor Keuangan...

Sherley Munaf berkeyakinan, di manapun pas ti banyak virus. Seperti, Corona, flu, hepatiitis, demam berdarah, ada di sekeliling kita. Namun tidak perlu takut, karena virus tipikalnya gampang menyerang, sehingga kuat-kuatan sama imun tubuh. “Jadi tergantung kita, mau jaga kebersihan atau makanan bergizi,” saran dia.

Darmatari meminta masyarakat agar memakai masker dengan benar untuk mengurangi semburan droplet atau terhirup dari orang lain, sering cuci tangan, terutama sebelum menyentuh atau memasukkan tangan ke mata, hidung dan mulut serta jaga jarak untuk menghindari semburan.“Kalau ini OK, kerja dan aktivitas lain pun terutama yang produktif bisa tetap jalan,” kata dia. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.