Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Nih, 7 Jurus Anti Stres Meski Tugas Numpuk

Minggu, 6 Desember 2020 02:02 WIB
[Ilustrasi: Dmitry Rogatnev/123rf.com]
[Ilustrasi: Dmitry Rogatnev/123rf.com]

RM.id  Rakyat Merdeka - Akhir-akhir ini, sering kita dengar berita mengenai pelajar yang stres akibat tugas menumpuk, bahkan memilih mengakhiri hidupnya sebagai opsi terakhir.

Pandemi saat ini memang mengharuskan kita melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Salah satu cara pendidik memastikan peserta didiknya dapat memahami materi dengan baik ialah dengan memberikan penugasan. Tugas tersebut bertujuan sebagai bahan pembelajaran dan penilaian.

Namun tak dapat dipungkiri, jika tugas yang dibebankan kepada pelajar itu banyak, dengan batas waktu yang hampir bersamaan dengan tugas yang lain, akan menimbulkan rasa terbebani hingga memicu stres pada pelajar tersebut. Tapi, mengatasi stres karena beban tugas, bukan berarti kita tidak mengerjakannya, atau bahkan memilih mengakhiri hidup.

Baca juga : Aktivitas Turun, Status Merapi Kembali Normal

Kita semua pasti pernah merasakan tugas yang menumpuk dan tidak sedikit di antaranya sulit dikerjakan. Lalu, bagaimana kita dapat melewatinya saat itu?

Dari pertanyaan ini dapat kita sadari, sebenarnya kita mampu melewati permasalah tersebut. Hanya saja kita terkadang kurang memahami proses penyelesaian tugas yang kita miliki.

Setidaknya, berikut 7 jurus yang bisa kita gunakan dalam menuntaskan tugas yang menumpuk, agar tidak stres:

Baca juga : Nih, Kiat Sukses Bangun Bisnis Di Tengah Pandemi

1. Tenang

"Mana bisa tenang?" Yups! Mendengar kata tugas saja bawaannya udah males duluan. Belum juga tugas yang kemaren selesai, udah ada tugas baru lagi. Tentu dalam hal ini kita perlu mengatur emosi kita. Karena apa yang ada dalam pikiran kita, akan menentukan tindakan yang akan dilakukan. Ketika kita mendengar kata “tugas" dengan menyikapi kemalasan, maka kemalasan itu akan timbul pada diri kita.

Lalu, bagaimana kita bisa tenang di saat tugas menumpuk? Yang harus kita lakukan adalah, jangan melihat tugas tersebut layaknya tumpukan buku yang tebal. Kita cukup tahu tugas yang diberikan dan batas waktu penyelesaian (deadline)-nya.

Baca juga : Ini 6 Jurus Ampuh OJK Tingkatkan Imun Di Sektor Keuangan

Seperti yang kita ketahui, setiap tugas itu pasti memiliki batas waktu penyelesaiannya, sehingga kita memiliki waktu untuk mengerjakannya. Setelah itu, kita harus percaya bahwa kita bisa mengerjakan sesuai batas waktunya. Dengan memberikan sikap percaya tersebut, kita akan memberikan energi positif pada tubuh dan respon tubuh akan terasa lebih tenang terhadap tugas yang diberikan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.