Dark/Light Mode

Memulai Usaha Di Atas 50 tahun, Lebih Berhasil Dibandingkan Usia Muda

Rabu, 19 Mei 2021 21:16 WIB
Gail Greatorex memulai usahanya di usia 55 tahun.(Foto IST)
Gail Greatorex memulai usahanya di usia 55 tahun.(Foto IST)

 Sebelumnya 
Hasil penelitian menunjukkan, mereka yang memulai usaha di usia paruh baya menunjukkan tingkat keberhasilan yang lebih tinggi. Meski wirausaha lebih sering identik dengan orang-orang muda.

Alex Maritz, profesor di bidang wirausaha di Latrobe University di Melbourne mengatakan, pebinis usia di atas 50 tahun memiliki beberapa kelebihan dibandingkan mereka yang lebih muda. Termasuk pengetahuan, pengalaman, dan jaringan sosial atau pertemanan yang lebih banyak.

Baca juga : Selama Ramadan dan Lebaran, Smartfren Berhasil Tangani Lonjakan Traffic Data

"Mereka yang berada di kelompok umur ini memiliki tingkat kemampuan yang lebih tinggi sebagai seorang manusia (human capital) yaitu pengetahuan dan keterampilan," katanya kepada ABC.

"Di bidang sosial bisa dalam bentuk jaringan pertemanan, sementara di bidang keuangan, mereka sudah memiliki modal yang lebih besar dibandingkan orang-orang yang lebih muda.

Baca juga : Melihat Lebih Dekat Alutsista Indonesia

Menurut Professor Maritz, mereka yang memulai usaha di usia senja juga merasa tidak begitu takut gagal.

"Mereka sudah punya banyak pengalaman dalam hidup, sudah merasakan jatuh bangun, mereka biasanya sudah belajar dari pengalaman-pengalaman tersebut," katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.