Dark/Light Mode

Hati-hati, Jangan Sembarang Pakai Obat Covid Tanpa Resep Dokter

Sabtu, 3 Juli 2021 20:21 WIB
Ilustrasi obat-obatan (Foto: Net)
Ilustrasi obat-obatan (Foto: Net)

 Sebelumnya 
Obat Yang Boleh Dibeli Sendiri

Ning menerangkan, obat-obatan yang boleh dibeli sendiri adalah obat-obatan pereda gejala (obat flu, obat batuk pilek, obat penurun panas, obat anti mual/muntahpengencer dahak, dan vitamin.

Baca juga : Ribuan Warga China Pesta Tanpa Masker

"Hati-hati, obat anti nyeri biasanya adalah obat anti radang. Nyeri kepala dan nyeri badan biasanya akan hilang, bila panas badan turun. Jadi, cukup obat penurun panas saja," ujar Ning.

Ia pun mengingatkan masyarakat, agar berhati-hati mengkonsumsi obat-obatan yang diklaim sebagai obat Covid. Karena sampai saat ini, belum ada obat definitif untuk pencegahan/pengobatan Covid-19.

Baca juga : DPR: Jangan Habiskan Waktu Ladenin Covidiot

"Selalu cek izin edar BPOM, konsultasi dokter terkait dosis, lama pemberian,indikasi, kontraindikasi, dan risiko efek samping," pesannya.

Satu hal lagi, Ning mengingatkan pasien isolasi mandiri, agar tak sembarangan melakukan terapi nebulisasi/uap. Sebab, terapi tersebut akan memproduksi aerosol, yang dapat memicu penularan Covid.

Baca juga : Kiai Said: Kita Penonton

"Tidak semua sesak, bisa diobati oleh nebulisasi. Selalu konsultasi dulu ke dokter," pungkasnya. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.