Dark/Light Mode

Duduk Bersimpuh Bersama Buruh

Anies Presiden Menggema Di Medan Merdeka Selatan

Jumat, 19 November 2021 07:50 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan ikut berbaur dan duduk bersimpuh bersama para buruh. (Foto: Facebook Anies Baswedan)
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan ikut berbaur dan duduk bersimpuh bersama para buruh. (Foto: Facebook Anies Baswedan)

 Sebelumnya 
Setelah pidato, Anies mengajak para demonstran bernyanyi Padamu Negeri. Nyanyian ini langsung diikuti dengan sorak sorai para buruh.

“Hidup Anies,” kata sejumlah buruh. “Hidup, Anies Presiden,” timpal yang lain. Mendapat yel yel begitu, Anies santai saja. Ia meninggalkan massa dan kembali masuk ke Balai Kota.

Baca juga : Temui Massa Buruh, Anies Janji Ringankan Biaya Hidup Pekerja

Hingga saat ini, Pemprov DKI Jakarta belum memberikan keterangan resmi terkait kenaikan UMP tersebut. Kepala Dinas Ketenagakerjaan Transmigrasi dan Energi DKI Jakarta Andri Yansyah mengatakan, UMP 2022 DKI Jakarta akan diumumkan Jumat (19/11) atau hari ini.

Anies juga ikut membagikan momen saat menemui buruh di akun Instagram miliknya @aniesbaswedan. Sebanyak 2.250 pengguna menuliskan komentar. Macam-macam komentarnya. Ada yang ikut mendukung Anies jadi presiden, ada yang menilai gaya Anies dukung buruh cuma lips service.

Baca juga : Dubes Heri Dorong Kerja Sama Investasi Dengan Jepang

Bagaimana pengamat melihat aksi Anies ini? Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia, Ujang Komarudin mengatakan, dukungan buruh penting bagi Anies. Namun, perlu diingat buruh banyak juga organisasinya. Sebagian tokoh-tokoh buruh malah sudah membentuk Partai Buruh.

Kalau benar mau nyapres, dukungan buruh itu masih harus dipastikan. Bukan hanya dari sekelompok buruh. Masih banyak buruh yang belum mendukung Anies. “Yang harus dilakukan Anies itu yang paling utama mendapatkan tiket dari partai. Itu yang pokok,” kata Ujang, kepada Rakyat Merdeka, tadi malam.

Baca juga : Diendus KPK, Bukan Cuma Bupati Kuansing Yang Terima Duit Suap Pengurusan HGU Sawit

Dukungan buruh dan lain-lain itu penting, tapi, Ujang mengingatkan, itu tak akan berguna lagi jika partai tak ada yang mau dan tak mendukung pencapresan Anies. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.