Dark/Light Mode

Antisipasi Kebakaran Rumah

Cabut Colokan Listrik dan Gas Sebelum Mudik

Senin, 3 Juni 2019 06:32 WIB
Antisipasi Kebakaran Rumah Cabut Colokan Listrik dan Gas Sebelum Mudik

 Sebelumnya 
Pihak kepolisian akan melakukan patroli dan pengamanan ekstra kepada masyarakat yang melaporkan atau menitipkan rumahnya yang dalam kondisi kosong.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan dalam Operasi Ketupat 2019, kepolisian menyoroti soal potensi pencurian rumah kosong yang ditinggal pemilik rumah saat mudik. Nantinya, giat patroli akan dilaksanakan oleh jajaran kepolisian wilayah setempat.

“Peningkatan kegiatan patroli mungkin nanti disiapkan kendaraan di masing-masing polres, dan itu siap tempatnya. Mungkin para Kapolres dapat menyampaikan hal ini sesuai fasilitas yang ada di polres masing-masing,” katanya.

Baca juga : Hanwha Life Bagikan Asuransi Gratis Selama Mudik

Polisi juga sudah memetakan lokasi yang rawan terjadi pencurian rumah kosong. “Kita sudah antisipasi masalah kriminalitas, khususnya rumah yang ditinggal, kemudian ada rumah-rumah yang kosong,” ucapnya.

Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Budhi Herdi Susianto mengatakan, pihaknya melakukan patroli dan pengamanan ekstra. Terutama kepada masyarakat yang melaporkan atau menitipkan rumahnya yang dalam kondisi kosong.

“Instalasi listrik yang tidak digunakan harap dimatikan untuk mencegah bahaya kebakaran, apalagi rumah-rumah semi permanen yang sangat berisiko terjadi kebakaran,” tutur Budhi.

Baca juga : BPH Migas Minta Pertamina Tambah Pasokan BBM Di Tol Trans Sumatera

Pihaknya menyiapkan 1.200 petugas keamanan tergabung dalam operasi Ketupat Jaya 2019 untuk menjaga keamanan wilayah Jakarta Utara jelang Lebaran. Personel gabungan itu terdiri dari petugas kepolisian, TNI dari kodim 0502, dan Satpol PP Jakarta Utara.

“Personel gabungan akan dikerahkan untuk melakukan antisipasi sejumlah kerawanan, apalagi momennya masih bertepatan dengan penyelenggaraan Pemilu 2019,” kata Budhi.

Kerawanan tersebut, lanjut Budhi, juga terkait dengan keamanan petugas yang berjaga. Karena itu, selain fokus melakukan pengamanan untuk masyarakat, personel gabungan juga harus memperhatikan keselamatan pribadi.

Baca juga : Kado Lebaran, Harga Rumah Di Papua Naik Paling Tinggi

“Ini mungkin ancaman yang lebih kompleks menyangkut keamanan terhadap personel maupun pos pelayanan itu sendiri. Untuk itu kami mempersiapkan diri pengamanan baik untuk diri sendiri maupun pos pengamanan,” ujarnya. [ASI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.