Dewan Pers

Dark/Light Mode

8 Ribu Pasukan Gabungan Amankan Tahun Baru

Anies Larang Bunyikan Terompet Dan Petasan

Kamis, 23 Desember 2021 06:47 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria. (Foto: Facebook)
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria. (Foto: Facebook)

 Sebelumnya 
Gelar CFN Di 73 Titik

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan, pada malam Tahun Baru, pihaknya akan memberlakukan malam bebas kerumunan atau Crowd Free Night (CFN) di 73 titik di Jakarta. Kapolda merinci, CFN akan diberlakukan di enam wilayah yang selalu menjadi tempat berkerumun. Yakni, Jalan Sudirman, Jalan MH Thamrin, sekitaran Monas, kawasan Kemayoran, Jalan Asia Afrika, kawasan Kemang, Jalan Dharmawangsa, kawasan Senopati, Jalan Antasari, dan kawasan Banjir Kanal Timur (BKT).

Selain CFN, Polda Metro Jaya akan memberlakukan pembatasan jam operasional di pusat perbelanjaan, tempat hiburan, tempat rekreasi dan sebagainya hingga pukul 22.00 WIB.

Berita Terkait : Menteri Erick Sering Berbagi Mimpi Dan Peluang

Untuk mensukseskan PPKM, petugas gabungan dari Polda Metro Jaya, Kodam Jaya dan Pemprov DKI Jakarta akan menggelar Operasi Lilin Jaya 2021.

“Kami menyiapkan 8.000 personel gabungan untuk berpatroli mulai 24 Desember 2021-2 Januari 2022,” ungkap Zulpan.

Ribuan personel itu akan disebar di berbagai lokasi yang menjadi objek keramaian selama perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Seperti gereja, pusat perbelanjaan, tempat rekreasi dan titik keramaian lainnya.

Berita Terkait : Pemerintah Haramkan Acara Tahun Baruan Yang Picu Kerumunan, Termasuk Di Mall

Personel gabungan yang diterjunkan dalam Operasi Lilin Jaya 2021 juga ditugaskan untuk mengawasi penerapan pembatasan jam operasional beberapa jenis usaha seperti tempat hiburan, mall dan sebagainya.

“Setelah pukul 22.00 WIB, akan dilakukan penertiban atau pembersihan oleh petugas gabungan dari Polda Metro Jaya, dibantu Kodam Jaya dan Pemprov DKI, yakni Satpol PP. Kami harapkan saat pukul 00.00 tak ada lagi kerumunan,” kata Zulfan.

Polri juga akan melakukan sterilisasi gereja pada saat sebelum dan sesudah kegiatan ibadah misa Natal dan misa Tahun Baru.
 Selanjutnya