Dark/Light Mode

Kembangkan Aplikasi Telemedicine

Pasien Covid-19 Di Bogor Berobat Lewat Video Call

Minggu, 6 Februari 2022 07:26 WIB
Ilustrasi telemedicine. (Foto: Istimewa).
Ilustrasi telemedicine. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - PEMERINTAH Kota (Pemkot) Bogor, Jawa Barat, segera menerapkan layanan pengobatan secara online atau telemedicine di 25 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Untuk mendapatkan layanan ini, warga perlu mengunduh aplikasi gratis di telepon cerdas. Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor Sri Nowo Retno mengatakan, pihaknya sudah melakukan uji coba aplikasi ini selama satu bulan di Puskesmas Tanah Sareal.

Baca juga : Tak Semua Pasien Covid-19 Perlu Dirawat Di RS

Sri mengatakan, aplikasi ini dapat membantu pasien terkonfirmasi positif Covid-19 untuk melakukan konsultasi dengan dokter melalui video call dan obat akan diantar ke pasien. “Pasien cukup men-download aplikasi ini, mendaftar, memilih konsultasi. Tidak perlu datang ke lokasi, cukup melalui video call dan obat akan diantar,” katanya. Dia menegaskan, aplikasi ini tidak hanya khusus pasien Covid-19 saja. Juga untuk semua pasien umum yang ingin konsultasi ke dokter.

Baca juga : Simak, Prosedur Layanan Telemedicine Covid-19 Untuk Pasien Positif Omicron

Dalam proses perkembangannya, telemedicine akan menambah fasilitas dokter kesehatan jiwa, psikolog dan dokter paru, serta bisa melakukan rujukan dari Puskesmas ke rumah sakit. “Kalau nanti sudah siap, di 25 Puskesmas akan di-launching. Saat ini baru pilot project di Puskesmas Tanah Sareal dan aplikasi ini juga masih proses pengembangan,” terangnya. Kepala Puskesmas Tanah Sareal Masayu Rubianti mengatakan, uji coba aplikasi telemedicine di Puskesmas Tanah Sareal sudah berjalan sebulan.

Baca juga : Kembangkan Kasus Korupsi Di Buru Selatan, KPK Kini Juga Sidik Pencucian Uang

Menurutnya, belum banyak masyarakat yang mengetahui dan mengunduh aplikasi ini, sekalipun sudah dipasang leaflet dan banner di Puskesmas. “Kami juga baru tahap sosialisasi dan langsung kami ujicobakan untuk kasus Covid-19,” katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.