Dark/Light Mode

Duh, Sampah Dari Sungai DKI Sebanyak 2,5 Kali Luas Monas

Selasa, 22 Februari 2022 06:30 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan, volume sampah yang diangkut dari sungai di Jakarta pada Oktober hingga Desember 2021 mencapai 121.433,53 meter kubik.

Jumlah tersebut melebihi luas kawasan Monumen Nasional (Monas) yang mencapai 80,3 hektare dan tinggi 132 meter. Bahkan volume sampah yang diangkut dari sungai di Jakarta itu setara 2,5 kali bangunan Monas.

“Usut punya usut, akumulasi volume sampah di sungai selama tiga bulan itu jika diumpamakan ternyata bisa melebihi besarnya Monas,” katanya melalui akun instagram @arizapatria di Jakarta, Minggu (20/2).

Baca juga : Yang Bener Aje, Volume Sampah Di Sungai Jakarta Ngelebihin Tinggi Monas

Riza menilai, tumpukan sampah di Jakarta menjadi salah satu alasan utama penyebab banjir. Apalagi, sebagian besar sampah tersebut adalah plastik.

Riza meminta warga Jakarta tidak membuang sampah di sungai. Serta, ikut berpartisipasi mengelola dan memilah sampah dimulai dari rumah tangga.

“Sungai itu bukan tempat sampah. Mari, kita buang sampah pada tempatnya agar sungai sebagai pengendali banjir bisa melaksanakan tugasnya secara maksimal,” sambungnya.

Baca juga : Puan Galak Ke Menaker

Politisi Partai Gerindra ini menambahkan, ada 13 sungai yang membelah Jakarta dan juga berfungsi sebagai pengendali banjir. Apabila sungai di Jakarta dipenuhi sampah, maka fungsi sungai sebagai pengendali banjir tidak efektif.

Gagal Kelola Sampah

Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jakarta, Tubagus Soleh Ahmadi menilai, Pemprov DKI gagal mengelola sampah.

Baca juga : 20 Tim Siap Tarung Di Babak 64 Besar Liga 3

Sebab, selama 17 tahun pasca penetapan Hari Peduli Sampah Nasional, pengelolaan sampah di Ibu Kota bukannya membaik. Tapi justru menuju kondisi darurat.

“Kegagalan pengelolaan sampah sehingga mengakibatkan Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang penuh menjadi fakta buruknya tata kelola sampah Jakarta,” kritiknya di Jakarta, Minggu (20/2).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.