Dark/Light Mode

Kebon Sirih Minta Dikaji Ulang

Warga Mampu Kok Disuntik Subsidi Transportasi Umum

Jumat, 4 Maret 2022 09:00 WIB
Ketua Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Ismail. (Foto: Istimewa).
Ketua Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Ismail. (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
Secara rinci, jumlah kebutuhan subsidi untuk tiga moda transportasi umum Ibu Kota itu berjumlah Rp 6.183.286.384.640. Kebutuhan subsidi paling besar yakni untuk Transjakarta yang mencapai Rp 4,5 triliun. Kedua, subsidi bagi MRT Jakarta, dari kebutuhan Rp 1,12 triliun, usulannya sebesar Rp 605 juta. Dan, ketiga, subsidi untuk LRT Jakarta, dari kebutuhan Rp 496 juta, usulannya Rp 362 juta. “Jika ada penetapan tarif yang jauh di bawah biaya operasional, tentu selisih, itu harus ditutup dengan subsidi,” kata Syafrin.

Mobilitas Turun

Baca juga : DPR Minta Polisi Kaji Ulang Penetapan Tersangka Pelapor Korupsi

Mobilitas warga Ibu Kota berkurang drastis selama pandemi Covid-19. Selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), jumlah penumpang Transjakarta dan MRT turun.

Sebelum pandemi Covid-19 rata-rata penumpang Transjakarta mencapai 1 juta orang per hari. Saat ini jumlah penumpang Transjakarta hanya 500 ribu orang per hari. Begitu juga dengan penumpang MRT Jakarta.

Baca juga : Presiden KAI Siti Ingatkan Jangan Pakai Merek Dan Logo Tanpa Izin

Sebelum pandemi, jumlah penumpang mencapai 100 ribu orang per hari. Sekarang angkanya anjlok menjadi 10-20 ribu penumpang perh ari. Direktur Utama Transjakarta, Mohammad Yana Aditya mengatakan, angka penumpang 500 ribu penumpang per hari sepanjang 2021 lebih baik dari tahun sebelumnya. “Per data 1 Desember 2021, berdasarkan jumlah Transjakarta sudah mengalami peningkatan pelanggan jumlahnya 505.434 orang per hari, meningkat cukup tinggi dari sebelumnya,” kata Yana.

Sementara, Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar menerangkan, jumlah penumpang pada tahun 2021 di atas 6 juta orang atau rata-rata 15-20 ribu penumpang per hari. Tahun ini, pihaknya menargetkan 14,6 juta penumpang. Atau untuk target hariannya sebanyak 40 ribu penumpang per hari. “Kami yakin di akhir 2022 angka penumpang bisa di angka 65 ribu per hari. Tapi kita awali dari 20 lalu 40 hingga 65 ribu per hari,” ucap William. [DRS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.