Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hujan dan Angin Kencang Terjang Ibu Kota

Hati-hati, Banyak Pohon Di DKI Rawan Tumbang

Selasa, 8 Maret 2022 09:00 WIB
Sejumlah petugas memindahkan batang pohon yang tumbang akibat diterjang angin kencang. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengumumkan peringatan dini cuaca di kawasan Jabodetabek. (ANTARA FOTO/Suwandy/wsj).
Sejumlah petugas memindahkan batang pohon yang tumbang akibat diterjang angin kencang. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengumumkan peringatan dini cuaca di kawasan Jabodetabek. (ANTARA FOTO/Suwandy/wsj).

RM.id  Rakyat Merdeka - Upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melakukan pemangkasan ribuan pohon masih belum optimal. Buktinya, masih banyak pohon tumbang saat diterjang angin kencang.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat, sedikitnya ada 15 pohon yang tumbang akibat hujan disertai angin kencang pada Sabtu (5/3). Kejadian pohon tumbang itu tersebar di wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat, dan Jakarta Utara. Di Jakarta Selatan, tercatat ada 11 titik pohon tumbang.

Baca juga : Angin Kencang, Belasan Pohon Di Jakarta Tumbang

Puluhan petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Selatan terjun ke lokasi untuk melakukan evakuasi pohon tumbang. Kepala Sudin Gulkarmat Jakarta Selatan Helbert Plider Lumbangaol mengungkapkan, pihaknya menerima laporan pohon tumbang dari enam Kecamatan. “Yakni dari Jagakarsa, Cilandak, Kebayoran Baru, Jagakarsa, Pasar Minggu dan Kebayoran Lama,” ujarnya di Jakarta, akhir pekan lalu.

Laporan pohon tumbang terbanyak dari Kecamatan Pasar Minggu. Empat pohon tumbang terjadi di Kelurahan Pejaten Barat, Jatipadang, Pasar Minggu dan Kebagusan. Dua pohon tumbang di Kecamatan Jagakarsa terjadi di Jalan M Kahfi dan Sadar Jaya.

Baca juga : Ayo WFH Lagi, Jangan Tunggu Karyawan Tersengat Corona

Selain itu, empat pohon tumbang juga terjadi di Jalan H Abdul Majid, Kecamatan Cilandak di halaman Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Kecamatan Kebayoran Baru. Kemudian, di depan Gandaria City, Kecamatan Kebayoran Lama, Jalan Kemang VI, Kecamatan Mampang Prapatan dan Jalan Beo di Kantor KUA Pesanggrahan.

Menurut Helbert, proses evakuasi belasan pohon tumbang itu dilakukan oleh petugas Damkar dibantu personel PPSU kelurahan. “Tidak ada korban jiwa saat pohon tumbang di 11 lokasi. Kami mengerahkan armada heavy duty untuk proses evakuasi pohon besar yang tumbang di depan Gandaria City,” sebutnya.

Baca juga : PDIP Maunya Ahok, Ada Yang Menolak?

Untuk diketahui, Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Selatan sejak Januari hingga Februari 2022 tercatat telah memangkas sebanyak 4.311 pohon yang tersebar di 10 Kecamatan. Kepala Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Selatan, Winarto menyatakan, pihaknya rutin melakukan pemangkasan pohon rawan tumbang. “Ribuan pohon telah dipangkas selama Januari hingga Februari 2022.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.