Dark/Light Mode

Hujan dan Angin Kencang Terjang Ibu Kota

Hati-hati, Banyak Pohon Di DKI Rawan Tumbang

Selasa, 8 Maret 2022 09:00 WIB
Sejumlah petugas memindahkan batang pohon yang tumbang akibat diterjang angin kencang. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengumumkan peringatan dini cuaca di kawasan Jabodetabek. (ANTARA FOTO/Suwandy/wsj).
Sejumlah petugas memindahkan batang pohon yang tumbang akibat diterjang angin kencang. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengumumkan peringatan dini cuaca di kawasan Jabodetabek. (ANTARA FOTO/Suwandy/wsj).

 Sebelumnya 
Terdiri dari 719 pohon kategori ringan, 2521 sedang, 840 berat dan 152 ditebang,” ujarnya di Jakarta, Kamis (3/3). Pemangkasan tersebut merupakan tindak lanjut dari pengaduan warga yang khawatir pohon tumbang dan hasil pemantauan petugas. “Sebanyak 34 pohon dilaporkan tumbang dan 36 pohon sempal selama Januari-Februari 2022,” imbuhnya.

Kepala Suku Dinas Kehutanan dan Taman Kota Jakarta Barat Djauhar Arifien menyampaikan, warga bisa mengajukan izin pemangkasan pohon yang rawan tumbang. “Jika ingin minta penebangan pohon, permohonan izinnya bisa ke PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) dan rekomteknya (rekomendasi teknis) di tim di dinas terkait di DKI Jakarta,” katanya.

Baca juga : Angin Kencang, Belasan Pohon Di Jakarta Tumbang

Menurut Djauhar, Pemerintah Kota (Pemkot) hanya berwenang melakukan pemangkasan pohon. “Kewenangan melakukan penopingan atau pemangkasan pohon bisa diajukan ke Sudin Kehutanan dan Taman Kota,” kata dia. Selama periode Februari 2022, Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Barat telah memangkas 818 pohon di wilayahnya.

Djauhar menerangkan, pohon yang dipangkas tersebut ada tiga kategori. Rinciannya, 608 pohon di pangkas dengan kategori ringan, 154 pohon kategori sedang dan 56 pohon kategori berat. Pohon yang dipangkas ini berada di jalur hijau, jalan arteri, jalan lingkungan, taman, Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) dan lainnya. “Selain memangkas pohon, sepanjang periode ini, kami juga mengevakuasi lima pohon tumbang,” kata Djauhar.

Baca juga : Ayo WFH Lagi, Jangan Tunggu Karyawan Tersengat Corona

Dia menambahkan, pemangkasan pohon perlu terus dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pengguna jalan. Terlebih, di musim penghujan ini kerap terjadi angin kencang yang bisa memicu pohon tumbang dan dahan sempal.

Di Jakarta Pusat, sedikitnya ada 13 pohon tumbang dan sempal atau patah ranting akibat cuaca ekstrem yang melanda wilayah ibu kota dan sekitarnya pada Sabtu (5/3) siang. “Penyebab pohon tumbang dan patah cabang karena cuaca ekstrem, yakni hujan disertai angin kencang,” kata Kasudin Pertamanan dan Hutan Kota Administrasi Jakarta Pusat, Mila Ananda, di Jakarta, kemarin.

Baca juga : PDIP Maunya Ahok, Ada Yang Menolak?

Seluruh pohon tumbang dan sempal sudah dalam penanganan petugas Penyedia Jasa Lainnya Perorangan (PJLP) Pohon Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat. Untuk diketahui, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sudah memberikan peringatan cuaca ekstrem di DKI Jakarta. Peringatan itu berisikan potensi hujan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat/petir, dan angin kencang di kawasan Jabotedabek pada Sabtu dan Minggu. [OSP]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.