Dark/Light Mode

20 Persen Warga Rawan Terpapar Corona

Penumpukan Pemudik Picu Penularan Covid

Rabu, 20 April 2022 07:30 WIB
Sejumlah calon penumpang bus menunggu jadwal keberangkatannya di Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang, Banten, Senin (18/4/2022). Memasuki minggu ketiga bulan Ramadhan, terminal tersebut terpantau mulai ramai pemudik. (ANTARA FOTO/Fauzan/aww).
Sejumlah calon penumpang bus menunggu jadwal keberangkatannya di Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang, Banten, Senin (18/4/2022). Memasuki minggu ketiga bulan Ramadhan, terminal tersebut terpantau mulai ramai pemudik. (ANTARA FOTO/Fauzan/aww).

 Sebelumnya 
Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Covid-19, Sonny Harry B. Harmadi mengingatkan, pandemi merupakan masalah kesehatan masyarakat, bukan kesehatan individu. Jadi, untuk menghadapi pandemi ini solusinya adalah kebersamaan.

“Untuk mencegah terjadinya penularan, hanyalah dengan menerapkan protokol kesehatan,” kata Sonny saat Talkshow: Jaga Hati, Imun, dan Prokes di Bulan Ramadhan di Media Center Covid-19, Graha BNPB, Jakarta.

Baca juga : Gubernur Jabar Ridwan Kamil Lantik Yana Mulyana Jadi Wali Kota Bandung

Prokes tersebut, kata Sonny, terutama memakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan. Menurutnya, Pemerintah sudah berupaya membuat kebijakan mudik Lebaran yang aman. Butuh partisipasi masyarakat agar mematuhi aturan tersebut dan menerapkan prokes.

“Kita sudah belajar, setiap kali hari libur panjang itu terjadi lonjakan kasus Covid-19 dalam dua sampai tiga minggu berikutnya. Oleh karena itu, peran dan tanggung jawab kita bersama-sama sekarang ya memastikan jangan sampai setelah libur Lebaran dan mudik, terjadi peningkatan kasus,” tandasnya.

Baca juga : Bamsoet Dorong Peningkatan Prestasi Olahraga Otomotif

Sebelumnya, Presiden Jokowi berharap mudik Lebaran berjalan dengan aman dan lancar.

“Pemerintah selalu meletakkan keselamatan masyarakat sebagai prioritas utama. Baik keselamatan selama perjalanan mudik maupun keselamatan kesehatan,” kata Jokowi dalam keterangan pers, Kamis (14/4).

Baca juga : Terapi Gizi, Penting Untuk Pemulihan Pasien Long Covid

Jokowi mewanti-wanti, agar kebahagian Lebaran di kampung halaman tidak menimbulkan lonjakan kasus Covid-19.  [DRS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.