Dark/Light Mode

Covid Reda, Yuk Genjot Lagi Layanan Posyandu

Rabu, 25 Mei 2022 07:30 WIB
Ilustrasi Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu). (Foto: ANTARA).
Ilustrasi Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu). (Foto: ANTARA).

 Sebelumnya 
Di Jakarta Pusat (Jakpus), kegiatan Posyandu sudah mulai berjalan kembali pada di triwulan ke dua tahun ini.

Lurah Karet Tengsin, Hari Ananda menyebut sebanyak 13 Posyandu yang tersebar di delapan RW se-Kelurahan Karet Tengsin sudah aktif kembali.

“Kami galakkan kembali kegiatan Posyandu di setiap RT, karena sangat dibutuhkan warga masyarakat,” ujarnya di Jakarta Pusat, Rabu (18/5).

Baca juga : Dukcapil Genjot Layanan Adminduk Untuk Penyandang Disabilitas

Menurut Hari, jumlah balita di wilayah Kelurahan Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang, Kota Administrasi Jakpus, ada sekitar 800-an yang tersebar di delapan Rukun Warga (RW). Untuk itu, kegiatan Posyandu digelar satu bulan sekali secara bergiliran. Misalnya, saat ini Posyandu dilakukan di RW 07, bulan berikutnya RW 08, dan seterusnya.

“Mudah-mudahan dengan digalakkan kembali kegiatan Posyandu ini, kita bisa memonitor kesehatan balita. Mulai dari berat badan, tinggi badan, serta menyalurkan makanan tambahan kepada balita dan lansia,” katanya.

Pihaknya mengimbau kepada warga yang mempunyai balita supaya rajin ke Posyandu agar dapat terpantau kesehatan dan perkembangan tubuh balita dari bulan ke bulan.

Baca juga : Cabor Renang Sumbang Lagi 1 Perak Dan 1 Perunggu

Aktifkan 300 Ribu Posyandu

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebutkan, operasional Posyandu sedikit terganggu saat pandemi. Jumlah kunjungan masyarakat ke Posyandu menurun seiring dengan tingginya penularan Covid-19.

”Data yang kita terima penurunannya sampai 70 persen lebih. Posyandu tidak bisa melakukan aktivitas karena pandemi Covid-19,” katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.