Dark/Light Mode

DPRD Beri Sinyal Setujui Usulan Pemprov DKI

Tarif Integrasi Tiga Moda Transportasi Rp 10 Ribu

Minggu, 5 Juni 2022 07:30 WIB
Warga antre untuk masuk ke dalam bus wisata gratis Transjakarta di Jakarta, Rabu (4/5/2022). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/tom).
Warga antre untuk masuk ke dalam bus wisata gratis Transjakarta di Jakarta, Rabu (4/5/2022). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/tom).

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) memberi sinyal menyetujui usulan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta soal tarif integrasi tiga moda transportasi sebesar Rp 10 ribu untuk durasi selama tiga jam. Tarif tersebut diharapkan mendukung kemudahan aktivitas warga dan membantu mempercepat pemulihan ekonomi.

Ketua Komisi B DPRD DKI Ismail mengatakan, pihaknya sudah mendalami usulan Pemprov DKI soal tarif integrasi pada moda transportasi Transjakarta, MRT, dan LRT Jakarta.

“Nilai yang diajukan Rp 10 ribu, dari hasil pendalaman kemarin, sepertinya nanti bisa disepakati bersama,” kata Ismail, di Jakarta, kemarin.

Baca juga : Integrasi Tarif Transportasi Di DKI Masih Angan-angan

Rencananya, pekan depan pihaknya akan melakukan rapat lagi dengan Pemprov DKI Jakarta dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) bidang transportasi umum di Jakarta untuk membahas rekomendasi yang akan dikeluarkan Komisi B DPRD DKI.

“Menyepakati tarif integrasi Rp 10 ribu adalah salah satu isi rekomendasinya Komisi B DPRD DKI,” ungkapnya.

Namun demikian, lanjutnya, keputusan itu memiliki risiko. Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) diproyeksi akan membengkak.

Baca juga : Mandiri Festival Properti Indonesia Catatkan Transaksi Rp 625 Miliar

Sebelumnya, Anggota Komisi B DPRD DKI Gilbert Simanjuntak mewanti-wanti keuangan daerah akan terbebani dengan penetapan tarif tersebut. Oleh sebab itu, dia ingin dilakukan kajian mendalam dahulu.

“Apakah Pemprov DKI sudah memikirkan berapa persen warga Jakarta yang akan menggunakan ini (tarif integrasi) ?, kemudian berapa subsidi yang diberikan untuk sistem ini,” kata Gilbert.

Perusahaan penyediaan sistem pembayaran PT Jaklingko menegaskan bahwa usul tarif integrasi transportasi Jakarta maksimal sebesar Rp 10 ribu, telah dikaji secara komprehensif.

Baca juga : Warga Mampu Kok Disuntik Subsidi Transportasi Umum

“Namun begitu, kami siapkan alternatif lain mengenai tarif integrasi,” kata Dirut PT Jaklingko Indonesia Muhamad Kamaluddin.

Kamaluddin menuturkan, banyak faktor yang dipertimbangkan dalam kajian tersebut. Antara lain, sisi manfaat untuk warga dan bagaimana keuangan BUMD menerapkan tarif integrasi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.