Dark/Light Mode

Sudah Transfer Jutaan Rupiah

Anggota DPRD Tertipu Akun Palsu Sekretaris Fraksi Gerindra DKI

Kamis, 16 Juni 2022 16:42 WIB
Ilustrasi aplikasi WhatsApp. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi aplikasi WhatsApp. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Akun WhatsApp (WA) anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Adi Kurnia Setiadi dibajak untuk modus penipuan meminjam uang. Sejumlah anggota dewan rekan Adi pun terlanjur mentransfer uang jutaan rupiah.

"Perlu saya sampaikan kepada siapa saja mendapatkan pesan WhatsApp yang muncul nama saya, perlu saya klarifikasi bahwa itu bukan saya. Akun WhatsApp saya dibajak atau di-hack orang tidak dikenal," kata Adi kepada wartawan di Jakarta, Kamis (16/6).

Wakil Sekretaris Fraksi Partai Gerindra ini menuturkan, sebelum pembajakan itu, dia mendapat pesan elektronik untuk aktivasi ulang akun WhatsApp. Tak curiga, Adi pun mengikuti instruksi yang muncul di gawainya.

Baca juga : Tutup Pertemuan Putaran Pertama, Anggota G20 Dukung 4 Isu Prioritas G20 ACWG

“Muncul kode dan kode tersebut dimasukkan ke dalam aktivasi. Setelah dimasukkan kode tersebut ke dalam aktivasi, akun WhatsApp langsung berpindah dengan nomor telepon dan profil akun langsung lengket kepada orang tidak dikenal tersebut," paparnya.

Setelah itu, kata Adi, nomor telepon dan akun WA-nya digunakan untuk melakukan penipuan.

"Pelaku mengaku dirinya saya karena akun WA lengkap dengan foto profil saya," ujarnya.

Baca juga : Partai Buruh Siap Ramaikan Senayan

Diungkap Adi, ada sejumlah rekannya sesama anggota DPRD, pejabat Pemprov DKI, dan Bank yang sudah terlanjur mentransfer uang dengan nominal Rp 2-3 juta. Dia kemudian laporkan pembajakan ini ke Polda Metro Jaya.

Adi mengimbau, untuk lebih hati-hati modus penipuan dengan membajak akun WA.

"Saat mengetahui akun saya dibajak, langsung saya telepon sejumlah orang untuk tidak percaya dengan pesan WhatsApp mengatasnamakan diri saya karena itu tidak benar dan murni penipuan," tandasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.