Dark/Light Mode

Kalah Gizi Dan Biaya Sama Orang Kaya

Siswa Miskin Sulit Lolos PTN

Senin, 18 Juli 2022 07:30 WIB
Ilustrasi. (Foto: Istimewa).
Ilustrasi. (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
Eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengatakan, pihaknya berupaya mewujudkan pemerataan pendidikan di Jakarta sejak 2019. Pemerataan akses pendidikan dimulai dari sistem penerimaan calon peserta didik.

Menurutnya, selama tiga tahun terakhir, mulai 2019, pihaknya mengubah sistem rekrutmen SMP, SMA dengan menganut prinsip kesetaraan. Tidak ada lagi rekrutmen yang dipengaruhi oleh status sosiologi ekonomi orang tuanya.

Baca juga : Gagasan DOB Jangan Sampai Singkirkan Orang Asli Papua

“Ini barang kali tidak banyak dapat perhatian karena sifatnya mikro, lain dengan bangunan fisik,” ujarnya.

Anies mencontohkan, dulu siswa yang mengisi sekolah favorit di tengah Jakarta berasal dari kalangan keluarga berlatar belakang pendidikan tinggi. Namun kini, sekolah favorit di tengah Jakarta diisi pelajar dari beragam latar belakang keluarga.

Baca juga : Satkar Ulama Indonesia Kerja Sama Bareng Delegasi Muslim Rusia

Menurut Anies, itu merupakan contoh untuk kesetaraan dan kesempatan ide atau gagasan sosial yang diwujudkan dalam bentuk karya atau kebijakan. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.