Dark/Light Mode

Apel Kesiapan Operasional Penuh, PAM Jaya Pastikan Layanan Air Perpipaan Aman

Rabu, 1 Februari 2023 18:00 WIB
PAM JAYA menggelar Apel Kesiapan Day-1 di Instalasi Pengolahan Air minun (IPA) 1 Pejompongan, Jakarta Pusat, Rabu (1/2). (Foto: Dok. PAM Jaya)
PAM JAYA menggelar Apel Kesiapan Day-1 di Instalasi Pengolahan Air minun (IPA) 1 Pejompongan, Jakarta Pusat, Rabu (1/2). (Foto: Dok. PAM Jaya)

 Sebelumnya 
Arief bilang, PAM Jaya juga telah memastikan 5 elemen penting terpenuhi. yakni, tersedianya struktur organisasi full operation yang mengakomodir karyawan mitra termasuk posisi dan jabatan, tersedianya SDM secara kuantitatif dan kualitatif yang siap untuk menjalankan pengoperasian penuh.

Tersedianya proses bisnis pengelolaan SPAM yang akan dijalankan, tersedianya sistem dan aplikasi yang siap digunakan untuk pengoperasian penuh, serta tersedianya alat dan material penunjang operasional dan pelayanan.

“PAM Jaya juga telah memastikan kesiapan 5M. Yakni, kesiapan SDM (Man), kesiapan material dan alat kerja (Material), kesiapan sistem dan aplikasi (Machine), kesiapan operasi dan pelayanan (Method), dan kesiapan anggaran (Money),” ujar Arief.

PAM JAYA juga telah membentuk Tim Bersama yang terdiri atas 16 tim dari PAM Jaya, Palyja, dan Aetra yang berjumlah 238 orang.

Baca juga : Ingat, Penuhi Kebutuhan Air Bersih Warga Jakarta

Tim Bersama tersebut telah melakukan kick-off bersama, kemudian dilanjutkan dengan gladi bersih operasional penuh selama 10 hari di 120 lokasi, hingga inspeksi final yang dilakukan bersama stakeholders perusahaan.

“Kesiapan PAM Jaya memang telah dilakukan di berbagai aspek dan bahkan inspeksinya juga dilakukan bersama para stakeholders sehingga kesiapan ini bisa dipertanggungjawabkan,” ujar Arief.

PAM JAYA memastikan pelayanan air minum perpipaan di Jakarta tidak akan terganggu. Selain itu, PAM Jaya juga memastikan bahwa setiap pelanggan di wilayah Timur Jakarta (pelangan Aetra) dan pelanggan di wilayah Barat Jakarta (pelanggan Palyja) akan otomatis menjadi pelanggan PAM Jaya tanpa perlu melakukan pendaftaran sambungan baru.

“Terkait pembayaran pun bisa dilakukan melalui mini market terdekat, mobile banking, dan e-commerce,” ucap Arief.

Baca juga : Ke Manado, BNPB Pastikan Penanganan Banjir dan Longsor Berjalan Baik

Saat ini, tambah Arief, PAM Jaya berkomitmen untuk mewujudkan kedaulatan air bagi warga DKI Jakarta melalui berbagai upaya percepatan layanan seperti penambahan suplai air, perluasan jaringan, dan peningkatan kualitas layanan.

“Sekarang, tujuan kami semua di PAM Jaya adalah satu, yakni mencapai 100 persen cakupan pelayanan pada 2030,” tegasnya.

Direktur Pelayanan PAM Jaya Syahrul Hasan menambahkan, pengoperasian penuh ini juga ditandai dengan logo baru PAM JAYA.

"Logo baru bentuknya seperti Monas, aliran air ke atas. Sebelumnya kan aliran airnya mendatar," ujarnya.

Baca juga : ATBI Gelar Diskusi Pendelegasian Perizinan Usaha Pertambangan

Logo ini, jelas Syahrul, melambangkan semangat, optimisme. "Secara internal memberikan injeksi baru, semangat baru. Logo ini juga sudah di-HAKI-kan di Kemenkumham," cetusnya.

Di era baru ini, ujar Syahrul, PAM Jaya juga komit untuk lebih mengedepankan layanan. "Sebelumnya, karena masih dikelola mitra swasta memang lebih mengedepankan provit, sekarang tidak lagi," tegasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.