Dark/Light Mode

Cegah Difteri, Dinkes DKI Imbau Warga Lengkapi Imunisasi

Kamis, 2 Maret 2023 15:55 WIB
Gelaran imunisasi di DKI Jakarta  (Foto: Istimewa)
Gelaran imunisasi di DKI Jakarta (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
“Orang yang tidak mendapat imunisasi lengkap dan boosternya berpotensi menjadi sakit PD3I (Penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi),” ujarnya.

Berikut imunisasi gratis dari pemerintah sesuai usia untuk mencegah penyakit: 0 bulan: hepatitis B 1 bulan: TBC, polio tetes 2 bulan: difteri, pertusis, tetanus, hepatitis B, hemofilus influenzae tipe B, pcv (pneumonia), polio tetes 3 bulan: difteri, pertusis, tetanus, hepatitis B.

Baca juga : Lestari Ajak Lembaga Pendidikan Bangun Kesadaran Toleransi

 hemofilus influenza tipe B, PCV (pneumonia), polio tetes 4 bulan: difteri, pertusis, tetanus, hepatitis B, hemofilus influenza tipe B, polio tetes dan suntik 9 bulan: campak, rubella, polio suntik 12 bulan:

PCV 18 bulan: campak, rubella, difteri, pertusis, tetanus, hepatitis B, hemofilus influenza tipe B Kelas 1 SD: campak, rubella, difteri, tetanus Kelas 2 SD: tetanus, difteri Kelas 5 SD: tetanus, difteri, khusus HPV hanya untuk anak wanita Kelas 6 SD: khusus HPV hanya untuk anak wanita Wanita usia subur 15-39 tahun: Tetanus, difteri.

Baca juga : Dinkes DKI: Covid-19 di Jakarta Sangat Terkendali, Terus Lengkapi Vaksinasi

“Jadi minimal ada 11 penyakit yang bisa dicegah dengan vaksin gratis dari pemerintah. Di provinsi tertentu sudah diberikan gratis juga imunisasi japanese encephalitis dan rotaviru,” jelasnya.

Untuk diketahui, difteri adalah infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium. Gejalanya berupa sakit tenggorokan, demam, dan terbentuknya lapisan di amandel dan tenggorokan.

Baca juga : Hadiri HUT ke-2 Dewa United, Bamsoet Dorong Pengembangan Olahraga Sebagai Industri

Dalam kasus yang parah, infeksi bisa menyebar ke organ tubuh lain seperti jantung dan sistem saraf. Beberapa pasien juga mengalami infeksi kulit. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.