Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Banyak Warga Berobat Ke Luar Negeri

Dinkes Didorong Garap Potensi Medical Tourism

Jumat, 17 Maret 2023 07:30 WIB
Ketua Komisi E Dewan Per­wakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Iman Satria. (Foto: Dok. DPRD Provinsi DKI).
Ketua Komisi E Dewan Per­wakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Iman Satria. (Foto: Dok. DPRD Provinsi DKI).

 Sebelumnya 
Direktur RSUD Pasar Minggu Endah Kartika Dewi menegaskan, pihaknya akan berupaya memaksimalkan dan menguatkan kembali pelayanan. Diterangkannya, layanan unggulan di RSUD Pasar Minggu adalah layanan jantung terpadu dan stroke.

“Karena 75-80 persen pasien di RSUD Pasar Minggu itu mayoritas Lansia. Kami akan terus berupaya memaksimalkan pe­layanan dengan bantuan Komisi E DPRD DKI,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Adib Khu­maidi menegaskan, kemampuan dokter-dokter di Indonesia tidak kalah dengan dokter-dokter di luar negeri.

“Saya menjamin bahwa dok­ter Indonesia lebih baik. Dan, dokter Indonesia selama ini fokus untuk rakyat Indonesia karena pelayanan mereka sebagian besar untuk pelayanan BPJS,” katanya.

Baca juga : Ini 5 Catatan Penting Prof. Tjandra, Soal Tren Berobat Ke Luar Negeri Di Indonesia

Adib menuturkan, selama ini pelayanan kesehatan di Indone­sia berjalan dengan baik. Pasien ditangani dengan baik.

Bahkan selama berobat, pasien BPJS tidak mengeluarkan biaya sepeser pun.

Sebelumnya, Presiden Jokowi merasa heran melihat banya war­ga Indonesia memilih berobat ke luar negeri. Seperti diketahui, sekitar dua juta orang memilih pengobatan di luar negeri, seperti Singapura hingga Jepang. Hal ini disayangkan Jokowi. Sebab, pelayanan kesehatan di sejumlah rumah sakit di dalam negeri terbilang sudah baik.

“Saya tadi baru saja masuk ke rumah sakit ini, Mayapada Hospi­tal Bandung. Apa yang saya lihat semuanya, ruangannya, alkesnya, tata ruangnya, green building-nya sangat sangat bagus,” ujar Presi­den dalam keterangan tertulis di Setkab.go.id pasca meresmikan Mayapada Hospital Bandung, Bandung, Senin (6/3).

Baca juga : Dubes RI Bulgaria Iwan Bogananta Bertemu Menteri Trenggono, Bahas Potensi Kerja Sama

Jokowi meminta, jumlah ru­mah sakit dengan standar interna­sional, terus ditingkatkan. Tidak hanya bisa diakses kalangan menengah ke atas, tetapi untuk masyarakat dengan ekonomi terbatas yang dibantu BPJS Kesehatan.

Menteri Kesehatan Budi Gu­nadi Sadikin juga menyoroti hal yang sama. Menkes menyebut beberapa indikator layanan ru­mah sakit sudah bagus.

“Kalau suatu saat ada menteri atau Presiden sakit, kemudian dirawat di rumah sakit. Nggak dirawat di RSCM, berarti layanan rumah sakit itu sudah baik,” be­ber Menkes dalam sambutannya, Jumat (3/3).

Menkes menilai, pelayanan yang baik dan maksimal bisa dilihat semakin banyak pejabat dan orang kaya yang memilih berobat di dalam negeri.

Baca juga : BNPT Ajak 7 K/L di Bawah Kemenko Marves Dalam Konsep Pentahelix Penanggulangan Terorisme

“Kalau medical check up saja di Singapura, ya berarti rumah sakit kita belum baik. Itu cara paling mudah untuk mengu­kurnya. Apakah orang-orang kaya mau dirawat di sini atau nggak,” ungkapnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.