Dark/Light Mode

Termahal Sepanjang Sejarah

Harga Ayam Di DKI Bikin Kantong Jebol

Jumat, 30 Juni 2023 07:30 WIB
Pegawai Perumda Dharma Jaya saat melakukan Operasi Pasar khusus daging ayam di Jakarta. BUMD tersebut menjadwalkan menggelar Operasi Pasar khusus daging ayam selama lima hari sejak 28 Juni hingga 2 Juli 2023 di lima kelurahan yang tersebar di Provinsi DKI Jakarta. (Foto: Ist)
Pegawai Perumda Dharma Jaya saat melakukan Operasi Pasar khusus daging ayam di Jakarta. BUMD tersebut menjadwalkan menggelar Operasi Pasar khusus daging ayam selama lima hari sejak 28 Juni hingga 2 Juli 2023 di lima kelurahan yang tersebar di Provinsi DKI Jakarta. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Pardjuni mengatakan, para broker dan pedagang memiliki pengaruh kuat dalam mempengaruhi harga. Caranya, mereka mengurangi pembelian sehingga ayam yang seharusnya sudah dipanen malah menumpuk di tingkat peternak.

“Tetapi kalau di tingkat pe­ternak sulit untuk menahan penjualan. Karena, jika tidak ter­jual, ayam akan tumbuh terus,” tambahnya.

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengatakan, pihaknya akan bekerja sama dengan Gubernur DKI Jakarta, BUMD Dharma Jaya, Pasar Jaya, dan peternak rakyat, untuk menstabilkan harga ayam dalam 10 hari ke depan.

Baca juga : Orang Muda Ganjar Beri Kambing Untuk Meriahkan Kurban Warga Desa Di Muaro Jambi

Sebagai langkah pengendalian harga daging ayam selama periode Idul Adha, Arief mengatakan, pihaknya telah menerbitkan surat kepada para pelaku usaha dan asosiasi perunggasan. Isinya, mengimbau agar produsen dan pelaku usaha menjual daging ayam dengan harga wajar mengacu pada Peraturan Badan Pangan Nasional (Perbadan) Nomor 5 tahun 2022, tentang Harga Acuan Pembelian di Ting­kat Produsen dan Harga Acuan Penjualan di Tingkat Konsumen Komoditas Jagung, Telur Ayam Ras, dan Daging Ayam Ras.

Adapun Harga Acuan Pembe­lian (HAP) di tingkat produsen ditetapkan di harga Rp 21.000-Rp 23.000 per kg. Sedang­kan HAP di tingkat konsumen ditetapkan Rp 36.750 per kg.

“Kita juga minta agar pro­dusen daging ayam segar dan daging ayam beku (frozen) dapat terus memasok kebutu­han penjual ayam di pasar tra­disional maupun retail modern dan pengusaha retail modern menambah stok daging ayam beku untuk memenuhi kebutuhan konsumen,” ujarnya.

Baca juga : Srikandi Ganjar Ajak Warga Pulau Pari Tingkatkan UMKM

Arief meyakini, dengan du­kungan dan komitmen bersama para pelaku usaha dan asosiasi perunggasan, maka harga daging ayam bisa dijaga tetap stabil dan seimbang.

Soal upaya stabilisasi harga tersebut, ia menambahkan, Ba­panas telah diberi tugas oleh Presiden untuk membuat dan memastikan harga pangan yang wajar baik di tingkat produsen, pedagang, maupun konsumen.

“Selain menjaga stabilitas harga di tingkat konsumen, Bapanas juga sedang berjuang menjaga harga di tingkat pro­dusen agar tetap wajar. Artinya tidak boleh terlalu murah di peternak,” terangnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.