Dark/Light Mode

Warga Meruya Girang Ada Transjakarta Ke Bandara

Ongkos Ke Soetta Dahulu Rp 100 Ribu, Kini Rp 3.500

Jumat, 7 Juli 2023 07:30 WIB
Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono saat naik bus Transjakarta saat uji coba rute Kalideres-Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta), Rabu (5/7). (Foto: Ist)
Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono saat naik bus Transjakarta saat uji coba rute Kalideres-Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta), Rabu (5/7). (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Dengan melewati jalan arteri, uji coba rute tersebut hanya me­makan waktu 43 menit. Sebelum­nya, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta telah melakukan uji coba lebih dulu dengan rata-rata waktu tempuh 45 menit.

Heru mengatakan, rute ini dibuka karena pihaknya melihat mobilitas warga cukup tinggi, baik pekerja di sekitar bandara maupun masyarakat sekitar yang akan menuju atau dari Bandara Soetta.

Baca juga : Tiket Bus Damri Bandara Soetta - Mega City Bekasi Dibanderol Rp 100 Ribu, Ini Jadwalnya

“Rute ini sudah kita analisa. Tentunya selama uji coba, nanti masyarakat yang menggunakan layanan ini bisa mengisi kue­sioner yang sudah disiapkan di dalam bus agar bisa memberikan masukan,” kata Heru.

Selama uji coba, rute Kali­deres- Bandara Soetta melayani dua periode waktu jam sibuk. Yakni, pukul 06.00-09.00 WIB dan pukul 18.00-21.00 WIB. Ada 10 bus Transjakarta yang disediakan selama uji coba. “Satu hari bisa ngangkut 2.500 penumpang,” ucapnya.

Baca juga : Tarif Transjakarta Rute Bandara Soetta Rp 3.500

Ke depan, Heru memastikan pihaknya akan terus menyempurnakan layanan.

“PT Transjakarta dan Dinas Perhubungan akan membenahi diri supaya tetap bisa melayani. Ini pasti tumbuh terus,” ujarnya.

Baca juga : AP II Matangkan Rencana Transjakarta Buka Rute Ke Bandara Soetta

Soal tarif, lanjut Heru, PT Transjakarta dan Dishub DKI Jakarta akan membahas lebih detail dengan mempertimbang­kan hasil survei dan analisa oleh lembaga independen.

“Mohon dukungan sinergi Kapolres Bandara, Angkasa Pura, Polda Metro Jaya dan Pangdam Jaya untuk bersama-sama terus bisa melayani masyarakat dalam penyediaan transportasi publik,” ucapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.