Dark/Light Mode

Sudah Terjadi Dua Pekan

Pulau Seribu Krisis Air

Jumat, 6 Oktober 2023 07:30 WIB
Sekretaris Komisi B DPRD DKI Jakarta Wa Ode Herlina saat menghadiri peresmian Reser­voir Komunal Waduk Pluit di Rumah Susun (Rusun) Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (4/10). (Foto: DPRD DKI Jakarta)
Sekretaris Komisi B DPRD DKI Jakarta Wa Ode Herlina saat menghadiri peresmian Reser­voir Komunal Waduk Pluit di Rumah Susun (Rusun) Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (4/10). (Foto: DPRD DKI Jakarta)

 Sebelumnya 
Anggota Komisi D itu mengungkapkan, hingga Selasa (3/10), hampir seluruh Pulau mengalami kekurangan air ber­sih. Namun, ada beberapa pulau yang sudah mengalami dampak terburuk dari krisis air bersih sejak 14 hari terakhir.

“Pulau Kelapa, Pulau Harapan, Pulau Panggang yang paling terdampak dari krisis air bersih. Karena benar-benar tidak ada air bersih sama sekali di pulau-pulau itu. Masyarakat mengharapkan agar Pemprov secepatnya mengatasi persoalan air bersih,” pintanya.

Selain krisis air bersih, lanjut­nya, warga Pulau Seribu menge­luhkan kelangkaan solar, yang merupakan salah satu kebutuhan primer nelayan.

Baca juga : Ibra Serang Erik Ten Hag

“Mereka tidak bisa mencari ikan di laut. Hal itu pastinya berdampak pada sisi ekonomi masyarakat. Karena secara oto­matis masyarakat tidak bisa mencari nafkah untuk pemenuhan kebutuhan hidup rumah tangga sehari-hari,” tandasnya.

Resmikan Reservoir Komunal

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Ja­karta Heru Budi Hartono meres­mikan operasionalisasi Reservoir Komunal Waduk Pluit di Rusun Waduk Pluit Muara, pada Rabu (4/10). Reservoir dibangun PAM Jaya untuk merealisasikan target 100 persen cakupan pelayanan air perpipaan pada 2030 bagi seluruh warga Jakarta dan meningkatkan pelayanan ketersediaan air bersih hingga ke seluruh wilayah ibu kota.

Baca juga : Jangan Pandang RI Negara Miskin Lagi!

“Saya ucapkan terima kasih kepada jajaran Perumda PAM Jaya yang melakukan aksi un­tuk memberikan pelayanan air bersih kepada warga Jakarta, khususnya di wilayah Jakarta Utara ini,” kata Heru.

Pembangunan reservoir ko­munal ini, lanjut Heru, juga sebagai langkah Perumda PAM Jaya untuk memenuhi kebu­tuhan air bersih bagi warga di Penjaringan.

Heru meminta Camat, Lurah, Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) di Penjaringan agar dapat memelihara dengan baik reservoir komunal Waduk Pluit yang telah dibangun. Selain itu, ia juga meminta air dari reservoir komunal dapat digunakan warga secara bijak.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.