Dark/Light Mode

98 Persen Pasokan Dari Luar Daerah

DKI Rawan Krisis Pangan

Senin, 30 Oktober 2023 07:30 WIB
Penjabat (Pj) Gu­bernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (Foto: Antara)
Penjabat (Pj) Gu­bernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
“Raperda Pangan ini penting. Jangan sampai nanti masyarakat Jakarta tidak bisa membeli atau mendapatkan pangan murah. Paling tidak nanti ada pendistribusian (pangan) yang bagus dan harga-harganya terjangkau,” ujarnya.

Misan mengimbau Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) agar melakukan pembahasan tiga Raperda lain­nya secara optimal, meskipun pembahasan dilakukan dalam waktu bersamaan.

“Raperda Sistem Pengelo­laan Pangan, Raperda tentang Kependudukan, Raperda tentang LMK. Menurut saya, Raperda tentang Retribusi dan Raperda tentang kehidupan keluarga juga sangat penting untuk dibahas,” ujarnya.

Baca juga : Toyota Ajak 29 Perusahaan Pemasoknya Ke Forum Bisnis RI-Jepang

Sejumlah Fraksi lainnya di DPRD DKI Jakarta juga ber­harap, Raperda Penyelenggaraan Sistem Pangan memiliki kekua­tan untuk mengatasi gejolak harga di lapangan.

Fraksi PKS DPRD DKI Ja­karta dalam pandangannya me­minta agar Raperda Penyeleng­garaan Sistem Pangan mampu melakukan fungsi kontrol harga pangan yang sangat dibutuhkan masyarakat pada saat musim kemarau, dan hari besar seperti bulan Ramadan.

“Fraksi PKS meminta agar dalam Perda Penyelenggaraan Sistem Pangan ini diarahkan untuk mendorong kestabilan harga pangan, terutama pada situasi-situasi tertentu,” ujar Israyani, anggota Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta dalam rapat Paripurna, Rabu (25/10).

Baca juga : Perpusnas Luncurkan Program Literasi Keluarga Berbasis Digital Mobile

Hal senada juga diungkap Ketua Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta William Aditya Sarana. William meminta pengaturan kestabilan harga terakomodir dalam Raperda tentang Penye­lenggaraan Sistem Pangan untuk menanggulangi gejolak harga sewaktu-waktu.

“Perlu kami ingatkan dalam peranannya menjaga harga pangan, Pemprov DKI perlu mem­pertimbangkan untuk memiliki standar formulasi yang jelas dan transparan dalam penetapan harga pembelian cadangan pangan,” ucapnya.

Anggota Fraksi Partai Golkar DPRD DKI Jamaludin menyam­paikan pendapat yang sama.

Baca juga : Wakil Ketua TPN Minta Relawan Fokus Pemenangan

“Pemprov DKI harus mence­gah peningkatan harga yang tiba-tiba,” ujarnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin 30/10/2023 dengan judul 98 Persen Pasokan Dari Luar Daerah, DKI Rawan Krisis Pangan

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.