Dark/Light Mode

Pj. Gubernur Heru Cek Kesiapan Rumah Pompa Waduk Pluit Hadapi Musim Hujan

Rabu, 6 Desember 2023 15:33 WIB
Penjabat Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meninjau Rumah Pompa Waduk Pluit, Jakarta Utara, Selasa (5/12/2023). (Foto: Ist).
Penjabat Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meninjau Rumah Pompa Waduk Pluit, Jakarta Utara, Selasa (5/12/2023). (Foto: Ist).

RM.id  Rakyat Merdeka - Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meninjau Rumah Pompa Waduk Pluit, Jakarta Utara, pada Selasa (5/12/2023). Tinjauan tersebut dilakukan untuk mengecek kesiapan rumah pompa dalam menghadapi musim hujan.

“Saya bersama Plt. Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan para Wali Kota mengecek kepastian kesiapan pompa-pompa air di sini untuk mengatasi dampak musim hujan di wilayah Jakarta. Salah satunya, yang kita tinjau hari ini di Rumah Pompa Waduk Pluit,” kata Pj. Gubernur Heru.

Pj. Gubernur Heru menjelaskan, sudah dilakukan perbaikan beberapa pompa air dan pipa serta trafo listrik di Rumah Pompa Waduk Pluit. Sehingga, apabila hujan deras terjadi, maka rumah pompa dapat berfungsi dengan baik untuk mengalirkan air ke Waduk Pluit.

Baca juga : Pemprov DKI Jakarta Bersiap Hadapi Musim Hujan

“Tadi Kepala Dinas SDA menyampaikan ada beberapa yang sudah diganti, pompa air maupun pipanya, juga trafo listriknya. Sehingga, rumah pompa Waduk Pluit ini sudah siaga dan dapat dihidupkan pompa-pompanya sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur) Siaga Banjir,” ujar Pj. Gubernur Heru.

Pj. Gubernur Heru pun berpesan kepada petugas Rumah Pompa Waduk Pluit yang berjumlah sekitar 20 personel agar dapat merawat seluruh peralatan dan infrastruktur di rumah pompa tersebut dengan baik. Sehingga, pada saat pompa air dibutuhkan, mesin pompa dapat beroperasi secara optimal.

“Untuk teman-teman yang menangani rumah pompa Waduk Pluit dari Dinas SDA, ada 15 hingga 20 orang, saya titip rumah pompa ini. Supaya suatu saat dibutuhkan, mesin-mesin pompa ini dapat dihidupkan sesuai dengan waktu SOP yang tepat," tutur Pj. Gubernur Heru.

Baca juga : Pj Gubernur Agus Fatoni: Sumsel Bisa 2 Besar Produksi Padi Nasional

Lebih lanjut, Pj. Gubernur Heru menerangkan, memasuki musim hujan ini, kawasan Waduk Pluit terpantau aman dari banjir. Pompa-pompa air sempat dihidupkan, tetapi dalam kondisi normal. “Aman. Mesin pompa kemarin dihidupkan dalam posisi yang normal. Tapi, yang di lokasi ini (Rumah Pompa Waduk Pluit) belum dihidupkan,” jelas Pj. Gubernur Heru.

Selain menyiagakan rumah-rumah pompa di seluruh wilayah DKI Jakarta, Pj. Gubernur Heru menegaskan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tidak bisa sendirian menangani masalah banjir, melainkan diperlukan kerja sama dengan masyarakat. Salah satunya, tidak membuang sampah sembarangan di saluran air, sungai, maupun waduk.

“Sungai atau saluran air, bahkan waduk, sudah kita keruk sampahnya. Tetapi, kalau masih ada yang buang sampah sembarangan, ya masih banyak sampahnya. Karena itu, saya imbau, masyarakat jangan buang sampah sembarangan untuk mengatasi banjir bersama-sama,” tegas Pj. Gubernur Heru.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.