Dark/Light Mode

Masih Belum Tersentuh Jaringan PAM

Warga Cilincing Menjerit Kesulitan Dapat Air Bersih

Rabu, 14 Februari 2024 06:50 WIB
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DPRD DKI Ja­karta Yuke Yurike. (Foto: Dok. DPRD DKI Jakarta)
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DPRD DKI Ja­karta Yuke Yurike. (Foto: Dok. DPRD DKI Jakarta)

 Sebelumnya 
“Saya yakin kalau dikerjakan dengan serius, maka pipanisasi air bersih bisa lebih cepat dari tar­get yang ditetapkan,” tegasnya.

Untuk diketahui, PAM Jaya akan membangun pipa baru sepanjang 7.000 kilometer (km).untuk merealisasikan 100 persen layanan air bersih pada 2030. Saat ini, cakupan layanan PAM Jaya baru 65,85 persen dengan panjang pipa 12.075 km.

Perluas Jaringan Pipa

Baca juga : 1 Atau 2 Putaran Ditentukan Besok, Anies-Prabowo-Ganjar Harap-harap Cemas

Direktur Utama (Dirut) PAM Jaya Arief Nasrudin mengakui, pihaknya akan menghadapi tan­tangan besar untuk bisa menca­pai 100 persen layanan air bersih pada 2030. Untuk menambah 35 persen cakupan layanan yang harus dikejar, PAM Jaya harus menambah jaringan 1,1 juta pipa baru untuk memasok air bersih ke semua wilayah di Jakarta.

Karena itu, kata Arief, pada 2024 PAM Jaya akan melaku­kan pembangunan pipa-pipa. Pembangunan pipa tersebut akan dilakukan secara bertahap.

“Insya Allah sampai dengan 2030 kami menambah 1,1 juta pesanan (pipa) baru itu equivalen 12 juta penduduk Jakarta di 2030,” kata Arief.

Baca juga : Urus Beras, Istana Gercep

Jika diukur, papar Arief, pan­jang 1,1 juta jaringan pipa air bersih baru ini mencapai sekitar 4.500 km.

Proyek awal perluasan ja­ringan pipa air minum, telah dimulai dengan membangun Instalasi Pengolahan Air (IPA) Buaran III di Kalimalang, Ja­karta Timur.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis, 15 Februari 2024 dengan judul Masih Belum Tersentuh Jaringan PAM, Warga Cilincing Menjerit Kesulitan Dapat Air Bersih

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.