Dark/Light Mode

Genjot Layanan Posyandu Dan Pemberian Suplemen

Heru Budi: Jangan Sampai Stunting Jadi Penghambat

Senin, 18 Maret 2024 06:50 WIB
Pen­jabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat memantau inter­vensi percepatan penurunan stunt­ing terintegrasi di Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) Intiland Teduh, Cilincing, Jakarta Utara, Jumat (15/3/2024). (Foto: Pemprov DKI Jakarta)
Pen­jabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat memantau inter­vensi percepatan penurunan stunt­ing terintegrasi di Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) Intiland Teduh, Cilincing, Jakarta Utara, Jumat (15/3/2024). (Foto: Pemprov DKI Jakarta)

 Sebelumnya 
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Abdul Aziz mengatakan, isu stunting merupakan isu yang harus segera ditangani. Penu­runan stunting membutuhkan komitmen jangka panjang dan kolaborasi dari semua pihak.

“Penting untuk diingat bahwa upaya penurunan stunting mem­butuhkan komitmen jangka panjang dan kolaborasi dari semua pihak terkait,” kata Aziz, beberapa waktu lalu.

Anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta ini mengatakan, seti­daknya ada enam upaya untuk mempercepat penurunan stunt­ing. Di antaranya, peningkatan akses terhadap gizi yang baik, yaitu asupan gizi yang seimbang dari semua kelompok makanan termasuk karbohidrat, protein, vitamin, mineral dan serat.

Baca juga : The Citizens Cetak Sejarah Baru Lagi

“Memastikan anak-anak mendapatkan akses terhadap makanan bergizi yang cukup,” ujarnya.

Lalu, peningkatan promosi dan edukasi gizi, yakni meningkatkan kesadaran masyarakat melalui kampanye promosi ten­tang pentingnya gizi yang baik.

“Termasuk manfaat menyusui eksklusif, pemberian ASI yang tepat waktu dan bergizi, serta pentingnya konsumsi makanan sehat dan seimbang,” ucapnya.

Baca juga : Keperkasaan Sinner Dihentikan Alcaraz

Kemudian, kualitas dari pelayanan kesehatan juga harus dit­ingkatkan. Seperti pemanfaatan Posyandu, klinik kesehatan, dan rumah sakit, sehingga memberi­kan layanan konseling gizi dan pemantauan pertumbuhan anak.

Kemudian, peningkatan akses air bersih dan sanitasi yang baik, penyediaan dukungan sosial dan ekonomi. Termasuk kolaborasi dan koordinasi lintas sektor.

Aziz juga mengimbau Pem­prov DKI Jakarta memonitoring dan mengevaluasi program Pem­berian Makan Tambahan (PMT) untuk penurunan angka stunting.

Baca juga : Warga Kremlin Di Jakarta Antusias Pilih Presiden

“Agar PMT tepat sasaran harus ada monitoring dan evalu­asi berkala terhadap pemberian tersebut,” tandasnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin, 18 Maret 2024 dengan judul Genjot Layanan Posyandu Dan Pemberian Suplemen, Heru Budi: Jangan Sampai Stunting Jadi Penghambat

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.