Dark/Light Mode

Kaya Perikanan, Rumput Laut Dan Gangga

Pulau Seribu Disiapkan Jadi Lumbung Pangan

Jumat, 22 Maret 2024 06:50 WIB
Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono memukul gong saat membuka secara resmi acara Musyarawah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2024 Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, di Gedung Prama Primer Sunter, Jakarta Utara, Selasa (19/3/2024). (Foto: Pemprov DKI Jakarta)
Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono memukul gong saat membuka secara resmi acara Musyarawah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2024 Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, di Gedung Prama Primer Sunter, Jakarta Utara, Selasa (19/3/2024). (Foto: Pemprov DKI Jakarta)

 Sebelumnya 
Junaedi menjelaskan, dalam Musrenbang ini juga dibahas 10 isu strategis di Kepulauan Seribu yang perlu didukung Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Di antaranya, perlunya pem­bangunan rumah susun untuk mencegah aktivitas perluasan daratan ilegal di pesisir pantai dan pemenuhan air bersih dengan metode Sea Water Reverse Osmosis (SWRO) di Pulau Pari.

“Kami juga menyoroti SWRO di Pulau Kelapa dan Pulau Pang­gang yang saat ini rusak dan memerlukan perbaikan segera,” terangnya.

Menurutnya, pembangunan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) di Pulau Pari dan Pulau Payung juga sangat diperlukan.

Baca juga : Spanyol Vs Kolombia, Duel Pemanasan Sebelum Perang

“Saat ini baru sembilan Pulau permukiman yang sudah dileng­kapi IPAL,” ungkapnya.

Kemudian, untuk bidang penanganan sampah, Junaedi me­nyebut, diperlukan sarana dan prasarana pengelolaan sampah seperti pengadaan Kapal Con­veyor untuk membersihkan sampah di perairan laut lepas.

“Pada bidang kesehatan, Kepu­lauan Seribu sudah dirasa perlu memiliki RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) Tipe C, rumah sehat khusus ibu dan anak, serta penambahan fasilitas medis hing­ga dokter spesialis,” bebernya.

Baca juga : Osaka Hempaskan Cocciaretto

Junaedi menambahkan, sebagai daerah destinasi pariwisata yang sudah ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional maka berbagai sarana dan prasarana pendukung perlu ditambah.

“Kita ingin pembangunan sektor pariwisata yang berkelan­jutan dan terintegrasi menyongsong Jakarta sebagai kota glob­al,” ucapnya.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD DKI Jakarta, Muhammad Idris menginginkan agar kebutuhan la­han pemakaman di Kepulauan Seribu segera disediakan.

Baca juga : Amerika Ajukan Proposal Resolusi Gencatan Senjata

“Lahan di Kepulauan Seribu tidak bertambah. Tapi, lahan makam sudah menjadi kebutuhan, untuk itu kita harus cari­kan solusinya,” tandasnya. 

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat, 22 Maret 2024 dengan judul Kaya Perikanan, Rumput Laut Dan Gangga, Pulau Seribu Disiapkan Jadi Lumbung Pangan

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.