Dark/Light Mode

Waspada, Maling Incar Rumah Ditinggal Mudik

Selasa, 2 April 2024 06:50 WIB
Anggota Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Israyani. (Foto: IG israyanisp)
Anggota Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Israyani. (Foto: IG israyanisp)

RM.id  Rakyat Merdeka - Warga Jakarta yang akan pulang ke kampung halaman diimbau untuk melapor ke pengurus Rukun Tetangga (RT) atau Rukun Warga (RW) agar rumah mendapatkan pengawasan khusus. Sebab, ada potensi maling mengincar rumah kosong yang ditinggal mudik.

Anggota Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Israyani mengingat­kan warga, perjalanan mudik harus direncanakan dengan baik. Termasuk, melakukan koordinasi dengan pengurus RT dan RW.

“Tinggalkan nomor kontak yang bisa dihubungi jika diper­lukan. Laporkan rencana mudik ke pengurus RT,” kata Israyani di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (28/3/2024).

Baca juga : The Gunners Gagal Kudeta The Reds

Dia meminta, pengurus RT dan RW melakukan sosialisasi dan edukasi kepada warga yang hendak meninggalkan rumah agar mencabut semua listrik dan gas. Tujuannya, untuk me­minimalisir hal-hal yang tidak diinginkan terjadi seperti keba­karan ataupun kemalingan.

“Titip rumah ke tetangga terdekat saat kita pulang ke kam­pung halaman. Pastikan semua alat elektronik dalam keadaan mati dan tidak tersambung ke sumber listrik. Matikan semua lampu kecuali lampu luar (teras dan samping),” pinta dia.

Israyani juga mengingatkan warga agar rumah dalam ke­adaan bersih sebelum ditinggal mudik.

Baca juga : Sikat Dimitrov, Sinner Digdaya

“Jangan tinggalkan bahan makanan atau lainnya yang bisa menjadi busuk dan menimbul­kan bau tidak sedap jika rumah ditinggal dalam waktu lama,” tandasnya.

Wali Kota Jakarta Timur, Muhammad Anwar juga mengingatkan warga agar mem­beritahu kepada tetangga atau pengurus RT/RW setempat, sebelum mudik. Jika perlu titip­kan kunci rumah ke tetangga terdekat yang bisa dipercaya.

“Ini untuk mencegah ter­jadinya kasus pencurian rumah kosong. Kita berharap warga yang akan mudik, pergi dan pulang dengan selamat. Serta selalu diberikan kesehatan lahir batin,” lanjutnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.