Dark/Light Mode

Hidran PAM Sering Mampet

Damkar Pakai Air Got Untuk Padamkan Api

Jumat, 14 Juni 2024 06:50 WIB
Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta Satriadi Gunawan. (Foto: X humasjakfire)
Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta Satriadi Gunawan. (Foto: X humasjakfire)

 Sebelumnya 
Satriadi menyebut, hidran kota yang suplai airnya kurang memadai itu mayoritas berada di wilayah pesisir Jakarta. Untuk mengatasi permasalahan ini, dia mengaku terus berkoordinasi dengan PAM Jaya.

Dia berharap, regulasi hidran kota ini seperti di luar negeri, yakni memisahkan pipa air hid­ran kota dengan pipa air minum rumah tangga.

“Ini memang mekanisme sangat rumit. Tapi di luar negeri bisa, hidran kota punya jalur sendiri, ada pipa khusus untuk air minum dan pipa khusus un­tuk Damkar,” ujarnya.

Baca juga : Der Panzer Sesumbar Akhiri Puasa Gelar

Makanya, lanjut Satriadi, hid­ran kota di luar negeri, tekanan airnya sangat kuat.

Power-nya dari hidran, kalau nonton film kartun (semprotan air hidran) sampai bisa mengangkat mobil. Nah kalau kita kan harus nyedot, karena pasokan airnya terbatas,” jelas dia.

Padahal untuk penggunaan air hidran kota, Dinas Gulkarmat harus membayar. Nominal­nya tergantung pemakaian dan abodemen.

Baca juga : Alcaraz Dan Nadal Siap Tempur

“Kita dapat tagihan dari mereka ya kita bayar. Pembayaran di masing-masing Sudin (Suku Dinas Gulkarmat), bukan di Dinas,” ungkap Satriadi.

Nominal pembayaran peng­gunaan air hidran kota itu, lanjut dia, bervariatif.

“Misalnya kita gunakan 10 ribu liter ya kita bayar nanti, tapi kalau nggak ada kebakaran ya tidak bayar. (Nominal pem­bayaran) Kayaknya sih sampai puluhan juta, tergantung pe­makaian,” bebernya.

Baca juga : Sarwendah, Digugat Cerai Ruben

Untuk mengantisipasi kurang­nya sumber air, Gulkarmat DKI Jakarta memiliki sejumlah sarana dan cara alternatif dalam menang­gulangi kebakaran. Seperti meng­gunakan sumber air alam.

“Air kali dan got bisa kita gunakan, termasuk kolam renang. Sah-sah saja kita pakai dalam keadaan darurat,” terangnya.

Selain itu, membangun hidran mandiri. Terutama di daerah yang jauh dari sumber air, jauh dari pos pemadam atau padat hu­nian yang membuat unit Damkar tidak bisa masuk. Hidran man­diri dibangun tandon di bawah atau di atas serta disiapkan unit pompa. Radius jangkauannya sekitar 5 kilometer (km).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.