Dark/Light Mode

Umumkan 2 Cawagub DKI

Gerindra Caplok Jatah PKS?

Selasa, 21 Januari 2020 07:29 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

 Sebelumnya 
Meski berat, PKS akhirnya menerima tawaran itu. Soal pengumuman kemarin, PKS sepertinya kurang sreg. Ketua DPW PKS DKI, Syakir Purnomo, mengaku, telah berusaha menjaga komunikasi dengan Gerindra dan meminta pengumuman ditunda.

Syakir mengaku baru dapat undangan dari M Taufik dua hari lalu, sekitar pukul 21.21. Undangan yang dikirimkan Taufik itu tak cuma buat Syakir, tapi juga untuk Ketua Fraksi PKS DKI, Arifin, dan Wakil Ketua DPRD DKi dari AKS, Aburrahman Suhaimi.

Ia baru membalas undangan yang dikirim lewat Whatsapp kemarin pagi. ia meminta pengumuman ditunda. Lantaran perwakilan dari PKS tidak ada yang bisa hadir. Namun pesan singkat itu tidak direspons.

Baca juga : Taufik: Doakan Cawagub DKI dari Gerindra

“Pak abdurahman Suhaimi itu kan sedang umroh dan Pak Arifin dan saya juga sudah ada agenda. Kalau begini, akhirnya sudah terjadi, ya menurut saya disayangkan. Jadi, kesannya itu pertama PKS dan Gerindra enggak kompak jadi muncul bisa jadi dugaan-dugaan yang lain,” kata Syakir, kemarin.

Sekretaris Fraksi PKS DPRD DKI, Achmad Yani, terang-terangan protes. Dia menyebut, partainya tidak pernah diajak berkoordinasi oleh Gerindra terkait pemilihan kedua nama itu.

Presiden PKS, Sohibul Iman, juga tampak tak sreg. Saat ditanya wartawan mengenai pengumuman itu, dia melempar ke Gerindra. “Saya tidak tahu, kami tidak tahu. tanya ke mereka, tanya ke mereka aja,” ucapnya, di DPP PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, kemarin.

Baca juga : Gerindra Bikin PKS Merana

Di twitter, banyak warganet yang curiga bahwa pengusulan dua nama itu cuma akal-akalan untuk mengelabui PKS. Ujung-ujungnya, calon Gerindra yang bakal terpilih.

“Dasar Gerindra tidak punya malu ketuanya sudah bilang Wagub DKI jatah PKS masih juga berusaha menjegalnya,” kicau @akhlish.

Akun @aira afniamalia menimpali. “Duh kenapa Gerindra jadi maruk gitu yak?” akun @jafarash13 ikutan jengkel. “Muke gile! Wagub Cawagub DKi itu gubernur terpilih dari koalisi keumatan berbasis oposisi. Bukan partai yang bergabung sama rezim macam ente!!! itu jatah PKS! et DaH GeRaNDONG! jatah orang mau diembat juga,” cuitnya.

Baca juga : Kirim Surat Ke PKS, Ini 4 Cawagub DKI Baru Usulan Gerindra

Akun @alvano91 mengamini. “Kalau Wagub JKT yang terpilih dari Gerindra, PKS pasti makin panas aja sama prabowo.” akun @ananghilmi05 mencoba menasehati sambil menghardik Gerindra.

“Gerindra mbok ya jangan serakah. Dulu komitmen Wagub DKi di beri kpd PKS eh. Sekarang. preeeeetlah,” cuitnya.

Apa tanggapan Gubernur Anies Baswedan? ia pasrah saja. Dia yakin, Gerindra dan PKS punya pertimbangan matang saat memutuskan. “Pasti sudah mempertimbangkan dengan matang. Selanjutnya saya serahkan ke DPRD. Kan bagian tanggung jawab gubernur itu adalah meneruskan usulan dari partai pengusung,” kata Anies di Taman puring, Jakarta Selatan, kemarin. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.