Dark/Light Mode

Prosesnya Sudah Berjalan

Maret 2020 Dimulai Konstruksi Proyek MRT Bundaran HI-Kota

Sabtu, 1 Februari 2020 14:52 WIB
Situasi Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia. (Foto: Putu Wahyu Rama/RM)
Situasi Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia. (Foto: Putu Wahyu Rama/RM)

 Sebelumnya 
Hal itu disebabkan MRT akan menjadikan kawasan Kota Tua sebagai kawasan TOD yang berorientasi wisata sejarah dan budaya.

"Nanti kawasan Kota Tua akan kita tata duluan di 2021. Jadi nanti penataan kota Tua akan selesai lebih dulu sebelum MRT Fase 2 selesai. Begitu MRT Fase 2 selesai, Kota Tua sudah selesai bisa segera terkoneksi,” ungkapnya.

Baca juga : IndiHome Sediakan Channel Konser Musik Mancanegara

Pembangunan MRT Jakarta Fase II ditargetkan selesai pada 2023. Secara keseluruhan MRT fase II ditargetkan bakal menjangkau kawasan Kota Tua hingga Ancol pada 2024.

Untuk jangka panjang MRT akan menambah rute dengan panjang mencapai 230 kilometer pada 2030. rencana tersebut sudah masuk ke dalam Proyek Induk Perkeretaapian Provinsi (RiPP) DKI Jakarta.

Baca juga : Pemerintah Tunjuk McKinsey Jadi Konsultan Pemindahan Ibu Kota

Rute itu akan dibagi dalam 10 line. yakni mulai Lebak Bulus-Ancol Barat, Cikarang-Balaraja, Bandara Soetta-kampung Ban-dan, Cilincing-Lebak Bulus, karawaci-Senayan-Cawang-Cikarang, Lebak Bulus-Rawa Buntu-Karawaci, Bekasi Utara-Bekasi Selatan, Pluit-Grogol-kuningan-Depok, outer loopline, serta Inner loopline.

MRT Jakarta menargetkan peningkatan jumlah penump-ang hingga lima kali lipat saat beroperasinya MRT Fase 2 yakni sebanyak 551 ribu penumpang per hari.

Baca juga : Gelaran Syukuran Pelantikan Jokowi Dimulai Dari Yogyakarta

Sementara itu, saat ini jumlah penumpang MRT Fase 1 Lebak Bulus-Bundaran HI telah mencapai rata-rata 90 ribu penumpang per hari. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.