Dark/Light Mode

Pemprov DKI Perintahkan ASN Untuk Berjaga

Besok, 150 Pasar di Jakarta Akan Kembali Buka

Minggu, 14 Juni 2020 14:57 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau pasar tradisional di Jakarta, sebagai kesiapan memasuki masa transisi PSBB, Jumat (12/6). (Foto: Satpol PP DKI)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau pasar tradisional di Jakarta, sebagai kesiapan memasuki masa transisi PSBB, Jumat (12/6). (Foto: Satpol PP DKI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 150 pasar di DKI Jakarta akan kembali dibuka mulai Senin (15/6) besok.

Terkait hal itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meninjau beberapa pasar, Minggu (14/6). Salah satunya, Pasar Jatinegara. Peninjauan dilakukan untuk memastikan kesiapan pasar-pasar tersebut kembali beroperasi.

"Saya dan jajaran diminta Pak Gubernur untuk memastikan seluruh pasar siap. Pak Gubernur, saya dan seluruh jajaran beberapa hari ini lakukan pengecekan dan di pasar," tutur Riza seusai meninjau Pasar Jatinegara, Jakarta Timur pada Minggu (14/6).

Baca juga : PWI Peduli Serahkan Bantuan Untuk Warga Terdampak Covid di Tangerang

Riza tiba di Pasar Jatinegara, Jakarta Timur, pukul 11.30 WIB. Didampingi Wali Kota Jakarta Timur M Anwar, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani, serta Dirut Pasar Jaya Arief Nasrudin.

Riza, yang mengenakan kemeja putih beserta masker dan face shield atau pelindung wajah, mengawali peninjauan dari lantai dasar pasar. Dia mengelilingi kios sayuran dan daging di pasar Jatinegara.

Riza juga sempat berdialog dengan sejumlah pedagang. Beberapa kali, Riza mengingatkan para pedagang agar selalu memakai masker dan mencuci tangan.

Baca juga : Insya Allah, Surabaya Tak Akan Seperti Wuhan

Politikus Gerindra ini berharap, pengelola pasar mempersiapkan dan mensosialisasikan protokol Covid-19 kepada pedagang dan pengunjung pasar. "Pengelola pasar harus paham dan mengerti. Begitu juga pedagang dan juga pengunjung," tegas Riza.

Di Pasar Jatinegara, setiap hendak masuk, pengunjung akan diperiksa suhu tubuhnya oleh petugas. Di setiap sudut pasar ini, juga disediakan hand sanitizer.

Untuk memastikan protokol kesehatan diberlakukan dan ditaati, Pemprov DKI akan mengerahkan Aparatur Negeri Sipil (ASN) di pasar-pasar. "Mulai Senin besok, akan ASN ada yang ditugaskan khusus di pasar," tutur dia.

Baca juga : Perketat Keluar Masuk Warga, 14 Ruas Jalan di Jakarta Selatan Ditutup

Penempatan ASN tersebut akan diatur Sekda DKI Saefullah. Setiap unit kerja di Pemprov DKI akan diperbantukan sebagai petugas. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.