Dark/Light Mode

Jalanan Jakarta Diserbu Warga

Ngeri Ah, Belum Dibuka CFD, Sudah Berkerumun Begitu

Selasa, 16 Juni 2020 07:29 WIB
Warga tampak berolahraga di area Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (14/6). Meski waktu kunjungannya dibatasi, animo warga berolahraga di GBK di masa transisi PSBB ini, terbilang tinggi. (Foto: Dwi Pambudo)
Warga tampak berolahraga di area Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (14/6). Meski waktu kunjungannya dibatasi, animo warga berolahraga di GBK di masa transisi PSBB ini, terbilang tinggi. (Foto: Dwi Pambudo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Entah apa yang ada di benak warga Jakarta. Setelah diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi, bukan saja kegiatan ekonomi yang menggeliat. Tapi jalanan Ibu Kota juga diserbu warga yang ingin berolahraga. Padahal virus corona atau Covid-19 masih mengancam.

Minggu (14/6), ribuan warga Jakarta keluar rumah. Mereka berjalan kaki dan bersepeda. Tumpah ruah di sejumlah tempat dan jalanan Ibu Kota. Antara lain di Jalan Sudirman-MH Thamrin, sekitar kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta.

Berdasarkan pantauan Rakyat Merdeka, antusiasme warga bersepeda sangat luar biasa. Hampir di dua jalur tersebut, baik kiri maupun kanan, ribuan pesepeda berlalu lalang.

Baca juga : Stefanus Ridwan: Pengunjung Aman Pakai Protokol Kesehatan

Satu jalur yang disiapkan Dinas Perhubungan DKI Jakarta, tak menampung banyaknya pegowes. Akhirnya, dipake dua jalur. Petugas pun terpaksa mengimbau warga yang berolahraga agar tidak berkerumun di kawasan Sudirman dan Thamrin.

Namun, lantaran kalah jumlah, pesepeda dan warga yang berolahraga terus berdatangan hingga siang, sehingga berkerumun pun tak terelakkan.

Padahal, Minggu lalu itu, belum dibuka Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di Jalan Sudirman dan MH Thamrin. CFD telah ditiadakan sejak 15 Maret 2020 untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Baca juga : Polisi Bakal Tindak Tegas Warga yang Masih Bandel Berkerumun

"Minggu (21/6) depan kita akan lakukan Car Free Day hanya untuk olahraga,” ujar Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Bundaran HI, Jakarta Pusat, akhir pekan lalu.

CFD kembali digelar karena warga tampak antusias bersepeda dua pekan ini. Pegowes memanfaatkan jalur khusus yang telah disiapkan Pemprov DKI di sepanjang Jalan Sudirman Thamrin. Jalur ini disediakan untuk sepeda sejak pukul 06.00 hingga pukul 18.00 WIB.

Hanya saja, CFD pekan depan hanya untuk olahraga. Pedagang yang biasanya buka lapak di kawasan Bundaran HI dilarang berjualan.

Baca juga : Duh, Bantuan APD Dari Pusat Belum Juga Disalurkan Ke Taput

“Disiapkan satu lajur untuk sepeda, tapi pesepeda volumenya jauh lebih besar dari lajur yang disiapkan. Karena itu, minggu depan kita akan gunakan sepenuhnya untuk sepeda, pejalan kaki dan pelari. Jadi hanya untuk kegiatan olahraga saja. Kegiatan berjualan belum diperkenankan,” tegas Anies.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.