Dark/Light Mode

Jalanan Jakarta Diserbu Warga

Ngeri Ah, Belum Dibuka CFD, Sudah Berkerumun Begitu

Selasa, 16 Juni 2020 07:29 WIB
Warga tampak berolahraga di area Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (14/6). Meski waktu kunjungannya dibatasi, animo warga berolahraga di GBK di masa transisi PSBB ini, terbilang tinggi. (Foto: Dwi Pambudo)
Warga tampak berolahraga di area Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (14/6). Meski waktu kunjungannya dibatasi, animo warga berolahraga di GBK di masa transisi PSBB ini, terbilang tinggi. (Foto: Dwi Pambudo)

 Sebelumnya 
Aktivitas warga bersepeda mengalami peningkatan luar biasa di masa PSBB transisi DKI Jakarta. Bahkan hasil survei Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) menunjukkan terjadi lonjakan pegowes di Ibu Kota hingga 1.000 persen.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo mengungkapkan, tak hanya saat akhir pekan, pada jam-jam kerja, seperti menjelang pagi dan saat sore hingga malam, pegowes meningkat. Dia yakin, banyak warga yang beralih menggunakan sepeda sebagai transportasi.

"Ada peningkatan yang signifikan, dan ini harus difasilitasi untuk menjamin keselamatan dan keamanan pesepeda,” janji Syafrin.

Pihaknya akan menyediakan pop up bike lines atau jalur sepeda sementara selama pandemi Covid-19, dengan melebarkan jalur sepeda dari 1,25 meter menjadi 2 meter, dan memberi cone pembatas dengan jalur kendaraan lainnya.

Baca juga : Stefanus Ridwan: Pengunjung Aman Pakai Protokol Kesehatan

Pelebaran jalur sepeda sementara hanya akan diberlakukan di sepanjang Jalan Bundaran Senayan hingga Simpang Patung Kuda.

Khawatir Cluster Baru

Membludaknya pengunjung yang berolahraga di kawasan Sudirman-Thamrin ini dikhawatirkan menjadi cluster baru penularan virus corona.

“Kemarin kan belum dibuka CFD-nya. Sudah berkerumun begitu. Apalagi saat dibuka resmi. Pasti lebih berkerumun lagi. Khawatir ini jadi cluster penularan baru corona,” ujar Dewi, mahasiswa yang tinggal di kawasan Kramat, Jakarta Pusat.

Baca juga : Polisi Bakal Tindak Tegas Warga yang Masih Bandel Berkerumun

Dia yakin, protokol kesehatan bakal banyak dilanggar. Petugas yang memastikan penggunaan masker dan jaga jarak jumlahnya kalah banyak.

“Lebih baik jangan dibuka dulu deh. Urungkan niat itu. Takutnya pedagang juga ikut buka lapak. Makin banyak yang berkerumun deh,” sarannya.

GBK Rame

Minggu (14/6) itu, bukan hanya Jalan Sudirman dan Thamrin saja diserbu warga. Tapi juga Stadion Gelora Bung Karno (GBK).

Baca juga : Duh, Bantuan APD Dari Pusat Belum Juga Disalurkan Ke Taput

Berdasarkan pantauan Rakyat Merdeka, ribuan warga berdatangan ke GBK dari pagi. Warga melakukan berbagai aktivitas mulai dari jalan kaki, berlari, hingga bersepeda.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.