Dark/Light Mode

Stasiun KRL Bogor dan Tambun Sudah Penuh Dari Subuh

Kurangi Antrean, Penumpang Minta Bus Gratis Ditambah

Selasa, 23 Juni 2020 07:29 WIB
Kepadatan penumpang KRL di Stasiun Bogora pada jam berangkat kerja, Senin (22/6). (Foto: Instagram Bima Arya)
Kepadatan penumpang KRL di Stasiun Bogora pada jam berangkat kerja, Senin (22/6). (Foto: Instagram Bima Arya)

RM.id  Rakyat Merdeka - Antrean calon penumpang yang menumpuk di stasiun KRL Commuterline Jabodetabek belum ada solusi jitu. Pengadaan bus gratis belum bisa mengurangi antrean tiap awal pekan.

Misalnya, kemarin, Stasiun Bogor tujuan Jakarta penuh calon penumpang sejak pukul 05.00 hingga pukul 07.00. 

Antreannya panjang hingga ke luar koridor stasiun, bahkan sampai ke area parkiran. Hanya saja antrean awal pekan ini lebih tertib dan rapi. 

Jumlah petugas stasiun dibantu personel Polri dan TNI yang mengatur penumpang lebih banyak. 

Baca juga : Tujuh Stasiun MRT Tak Beroperasi, Petugas Kangen Lalu Lalang Penumpang

Tersebar di berbagai titik. Ada jalur khusus antrean dengan pagar pembatas, juga plastik garis polisi sehingga antrean tidak berantakan. 

Ada tiga kelompok antrean. Pertama, di dalam stasiun.Kedua, di halaman stasiun. Ketiga, di luar stasiun. 

Antrean calon penumpang mengular karena kapasitas kereta per gerbong tak boleh lebih dari 50 persen. Supaya ada jaga jarak antar penumpang. 

Aturan ini diterapkan untuk mencegah penularan virus corona atau Covid-19. 

Baca juga : Puluhan Penumpang KRL Kecewa Berat...

Jadwal KRL dari Stasiun Bogor menuju ke Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Tanah Abang dan Jatinegara, frekuensinya meningkat. Kini headway jadi lima menit. 

Ada delapan jalur yang berangkat tiap lima menit sekali. Berdasarkan informasi dari petugas Stasiun Bogor, jumlah penumpang KRL pukul 04:00 WIB hingga 06:00 WIB terdata sekitar 5.000 orang. 

Sedangkan pada Senin pekan lalu, dalam waktu yang sama hanya sekitar 3.000 orang. 

Penumpang tujuan Stasiun Tanah Abang, Andre, mengeluhkan antrean yang mengular karena ada pembatasan penumpang KRL per gerbong. 

Baca juga : Stasiun ASEAN Ditutup, Penumpang MRT Masih Ada Yang Tak Tahu

“Tiap pagi begini. Apalagi kalau Senin. Jadi terlambat masuk kantor. Tapi untungnya, masa pandemi ini ada toleransi jam masuk,” ujar pria yang antre sejak pukul 05.30 dan baru berangkat sekitar pukul 07.00 tersebut. 

Di media sosial, sejumlah pengguna KRL yang tergabung di komunitas @CurhatKRL juga mengeluhkan antrean padat penumpang setiap Senin pagi hingga ke luar Stasiun Bogor. 

“Antrean Stasiun Bogor. Mau sampe jam berapa ke kantor min. Gak ada solusinya apa ya. Begini terus,” kicau akun twitter @LeoRiema. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.