Dark/Light Mode

Kapasitas Ruang Isolasi dan Ruang ICU Makin Susut

Anies Minta Warga DKI Saling Ngingetin Protokol Kesehatan

Minggu, 16 Agustus 2020 20:39 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Facebook)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Facebook)

 Sebelumnya 
Menurutnya, masalah ini perlu ditangani bersama. Tidak hanya oleh pemerintah.

"Rumah sakit, klinik, puskesmas, laboratorium, dan berbagai fasilitas kesehatan lainnya bukan sekadar fasilitas bangunan benda mati. Di dalamnya, ada tenaga kesehatan yang saat ini merasakan beban yang tidak sederhana. Kita semua harus bersama-sama menerapkan protokol kesehatan,dan saling mengingatkan untuk meringankan beban petugas kesehatan," papar Anies.

Baca juga : Angkasa Pura I Tegas Terapkan Protokol Kesehatan Di Bandara

"Mari kita ringankan beban mereka semua, dengan bersama-sama menerapkan protokol kesehatan dan saling mengingatkan untuk mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir secara rutin, dan menjaga jarak. Jangan ragu dan takut untuk saling mengingatkan," tegasnya.

Persentase kasus positif baru atau positivity rate di DKI Jakarta memang cenderung meningkat selama sepekan terakhir. Ada di angka 8,9 persen.

Baca juga : Semarang Siapkan Aturan Pelanggar Protokol Kesehatan

Namun, jika diakumulasikan sejak awal, positivity rate DKI Jakarta berada di angka 5,7 persen. Sementara Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mematok angka 5 persen untuk standar positivity rate. 

"Pemprov DKI Jakarta akan berusaha menekan positivity rate, dengan tetap meningkatkan kapasitas testing untuk memutus mata rantai penularan Covid-19. Sehingga, masyarakat yang terkonfirmasi positif - apalagi yang tanpa gejala - dapat segera mengisolasi diri dan bisa mencegah penularan lebih lanjut. Saya berharap, fasilitas kesehatan seperti rumah sakit sebagai benteng pertahanan terakhir dapat bertahan dalam perjuangan menghadapi pandemi Covid-19," pungkasnya. [MRA]

Baca juga : Ayo, Kita Lawan Virus dengan Cara Patuhi Protokol Kesehatan

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.