Dark/Light Mode

Nih, Tips Cegah Penyebaran Virus Corona di Tempat Kerja

Jumat, 18 September 2020 17:41 WIB
Tips Cegah Penyebaran Virus Corona di Tempat Kerja
Tips Cegah Penyebaran Virus Corona di Tempat Kerja

RM.id  Rakyat Merdeka - Di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pengetatan kali ini, ternyata masih banyak warga yang masuk kerja. Untuk itu, Pemprov DKI Jakarta membagikan tips panduan jarak sosial yang bisa dilakukan, demi mencegah penyebaran virus corona di tempat kerja.

Pertama, hindari pertemuan langsung. Gunakan konferensi online, email atau telepon jika memungkinkan. Bahkan saat berada di gedung yang sama.

Kedua, pertemuan tatap muka yang tak terhindarkan, waktu harus terbatas, ruangan besar, tidak duduk berdekatan dan hindari kontak fisik.

Baca juga : BTN Pede Penyaluran Kredit Tembus Rp 15,38 Triliun

Ketiga, batalkan atau tunda perjalanan dinas, pertemuan yang tidak penting, seminar, pelatihan dan sejenisnya.

Keempat, jangan berkumpul di ruang kerja, dapur, ruang mesin foto kopi, area lain di tempat kita biasa bersosialisasi. Jaga jarak 2 meter.

Kelima, bawa makan siang dan makan di meja sendiri, jauh dari orang lain. Hindari ruang makan siang dan restoran ramai.

Baca juga : Cegah Penyebaran Corona, Mahfud Minta Pelototin Jalur Tikus Perbatasan

Keenam, sebisa mungkin hindari transportasi umum, atau pergi lebih awal, atau terlambat, untuk menghindari kontak fisik di perjalanan.

Ketujuh, batasi gathering, team building, dan kegiatan lain di mana kemungkinan terjadi kontak dekat orang lain.

Untuk tempat kerja area publik, perketat penggunaan masker, jaga jarak aman, rutin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand saitizer (empat jam sekali).

Baca juga : Begini Kiprah Petugas Sarana Demi Keselamatan Penumpang Kereta

Saat tiba di rumah, jangan menyentuh anggota keluarga sebelum mandi dan ganti pakaian kerja. Cuci pakaian dan masker dengan deterjen. Masker sekali pakai dirobek basahi dengan disinfektan sebelum dibuang. Selalu terapkan perilaku hidup bersih dan sehat. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.