Dark/Light Mode

Penularan Covid-19 Bikin Waswas

Pemprov DKI Kudu Gercep Isolasi Pasien OTG Corona

Rabu, 30 September 2020 06:42 WIB
Ilustrasi pasien Covid-19 yang akan menjalani perawatan di RS Darurat Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (26/9). (Foto : Rakyat Merdeka/Tedy Kroen)
Ilustrasi pasien Covid-19 yang akan menjalani perawatan di RS Darurat Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (26/9). (Foto : Rakyat Merdeka/Tedy Kroen)

 Sebelumnya 
2 Hoteal Sudah Terima Pasisn

Dinkes DKI Jakarta mengungkapkan, sudah ada dua hotel yang menerima pasien OTG Corona. Yakni Hotel Ibis Style yang berada di Mangga Dua dengan kapasitas 212 pasien. Dan, U Stay di Mangga Besar dengan kapasitas 140 pasien.

Baca juga : Hotel Isolasi Dipadati Ratusan Pasien Corona

“Sejak Minggu (27/9) sudah berjalan dan menerima pasien. Ibis untuk pasien dari wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Utara dan Jakarta Timur. Sedangkan U Stay untuk pasien wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Selatan,” jelas Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes DKI Jakarta, Fify Mulyani.

Fify mengungkapkan, untuk prosedur pasien Covid-19 yang akan isolasi mandiri di hotel, sama dengan prosedur isolasi mandiri di RS Darurat Wisma Atlet.

Baca juga : Ruang Isolasi Pasien Corona Masih Cukup

“Hotel itu seluruhnya untuk kepentingan isolasi mandiri Covid-19, tidak terima pengunjung umum. Rekomendasi akan ditentukan oleh kita, jika flat isolasi mandiri penuh (RS Darurat Wisma Atlet) baru dialihkan ke hotel. Pasien tidak bisa milih mau di mana,” tambahnya.

Rencananya, lanjut Fify, akan ada 18 hotel yang dijadikan sebagai tempat isolasi mandiri pasien Covid-19. Nambah 26 RS Swasta Pemprov DKI Jakarta juga menambah 26 RS swasta menjadi RS rujukan penanggulangan Covid-19. “RS swasta kita libatkan sebagai RS rujukan Covid-19,” ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, di Balai Kota Jakarta.

Baca juga : Pemprov DKI Harus Gercep Antisipasi Banjir

Sebelumnya, lanjut Riza, pihaknya telah menjadikan 13 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Jakarta sebagai rumah sakit khusus Covid-19. Pemprov DKI Jakarta juga akan terus menambah kapasitas tempat tidur isolasi,Intensive Care Unit(ICU), APD, serta akan kembali merekrut tenaga kesehatan untuk membantu penanganan Covid-19.

“Kemudian tempat tidur terus kita tambah, ruang ICU semua kami pastikan tersedia, logistik masker, APD. Juga obat-obatan kami akan siapkan. Kami pun telah kembali merekrut tenaga profesional, tenaga medis untuk membantu,” pungkasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.