Dark/Light Mode

Penularan Covid-19 Bikin Waswas

Pemprov DKI Kudu Gercep Isolasi Pasien OTG Corona

Rabu, 30 September 2020 06:42 WIB
Ilustrasi pasien Covid-19 yang akan menjalani perawatan di RS Darurat Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (26/9). (Foto : Rakyat Merdeka/Tedy Kroen)
Ilustrasi pasien Covid-19 yang akan menjalani perawatan di RS Darurat Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (26/9). (Foto : Rakyat Merdeka/Tedy Kroen)

 Sebelumnya 
Sisa 3.750 Kasur

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Doni Monardo mengungkapkan, per Senin (28/9), tersisa 3.750 tempat tidur untuk isolasi pasien Covid-19 dan ICU di RS rujukan di Jakarta dan RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran.

Baca juga : Hotel Isolasi Dipadati Ratusan Pasien Corona

Rinciannya, di RS rujukan Covid-19 di Jakarta tersisa 1.040 tempat tidur, sementara di Wisma Atlet 2.506 tempat tidur yang masih kosong. Sedangkan ICU terdapat 204 tempat tidur.

“Tempat tidur ruang isolasi di DKI, semuanya 3.546 bed. Ini di luar hotel yang sekarang dalam proses untuk isolasi mandiri di DKI. Sisanya di ICU 204 bed. Total 3.750,” papar Doni.

Baca juga : Ruang Isolasi Pasien Corona Masih Cukup

Menurutnya, total tempat tidur di RS rujukan dan Wisma Atlet berjumlah 10.213. Kemudian total tempat tidur yang terpakai sebanyak 6.463. Doni berharap, tak ada lagi tambahan pasien, sehingga tempat tidur yang tersisa itu tak terpakai.

Meskipun begitu, lanjutnya, Pemerintah Pusat dan Provinsi terus berupaya menambah jumlah tempat tidur untuk isolasi mandiri pasien Covid-19 dengan gejala ringan atau tanpa gejala.

Baca juga : Pemprov DKI Harus Gercep Antisipasi Banjir

Upaya tersebut dilakukan dengan menyewa hotel bintang dua dan tiga di Jakarta dengan menggandeng Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) serta beberapa grup hotel. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.