Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Anies Siap Divaksin Corona

PSI, Reaksinya Gimana Ya

Selasa, 10 November 2020 07:19 WIB
Vaksin Corona/Ilustrasi (Foto: Istimewa)
Vaksin Corona/Ilustrasi (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gerakan vaksinasi Corona akan segera dimulai. Roadmap daerah prioritas penerima vaksin sedang digodok pemerintah. Mendengar ini, Gubernur DKI Anies Baswedan, menyatakan siap menjadi golongan pertama yang divaksin. Anies tidak khawatir akan adanya efek dari vaksin itu. Dengan sikap tersebut, kira-kira bagaimana ya reaksi para politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI), yang selama ini sering nyinyirin Anies.

Kesiapan Anies disuntik vaksin Corona disampaikan Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria. "Kalau soal itu (disuntik vaksin Corona) kami (Anies-Riza) tidak ada masalah," kata politisi Partai Gerindra itu, saat dihubungi wartawan, kemarin.

Namun, kata dia, saat ini yang paling prioritas adalah petugas Pemprov DKI yang berhubungan langsung dengan pasien Corona. Misalnya, dokter, tenaga kesehatan, dan relawan. Selain itu, pihak-pihak yang berhubungan langsung dengan masyarakat. Yakni, petugas Dinas Perhubungan, petugas Dinas Tenaga Kerja, hingga Satpol-PP. 

Baca juga : Rakyat Sudah Menanti Bisa Hidup Normal Lagi

Saat ini, kata mantan Wakil Ketua Komisi II DPR ini, pihaknya masih menunggu hasil pengujian vaksin selesai. Setelah rampung, dia akan menerjunkan tim untuk mengecek kembali, apakah sudah sesuai mekanisme yang berlaku. Tim ini terdiri dari pejabat serta pegawai dari lingkungan Pemprov DKI. 

Setelahnya, Pemprov DKI akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat. Tujuannya, untuk menanyakan siapa saja yang diprioritaskan mendapatkan suntik vaksinasi. "Prinsipnya, kami nggak keberatan (disuntik vaksin Corona). Cuma, siapa yang menjadi prioritas, nanti kami mengikuti aturan dan ketentuan yang ada," pungkasnya. 

Menanggapi hal ini, Ketua Fraksi PSI DPRD DKI, Idris Ahmad, bilang, Anies perlu memprioritaskan test dan tracing dulu dalam menangani Corona di Ibu Kota. "Prinsipnya, pengendalian kasus dahulu," katanya, saat dihubungi Rakyat Merdeka, tadi malam. 

Baca juga : Menkeu Tenang, Rakyat Tegang

Terkait kesiapan Anies disuntik vaksin, dia ogah memuji. Dia hanya bilang, Anies harus mulai menyiapkan strategi distribusi, kesiapan sumber daya manusia, hingga pelayanan kesehatan. Sehingga saat vaksin sudah ada, pendistribusian menjadi gampang.

Di dunia maya, sikap “dingin” PSI atas kesiapan Anies disuntik vaksin Corona jadi ledekan warganet. “Biasanya yang begini-gini jadi santapan PSI nih. Partai Mas Giring mana reaksinya nih," tulis @subhan_mars. Giring yang dimaksud adalah Giring Ganesha, Pelaksana Tugas Ketua Umum PSI.

Sedangkan akun @SsstMynameindra, mendorong Anies menganggarkan vaksin. Tujuannya, agar nanti masyarakat tidak perlu bayar "Sekaligus anggaran triliunan untuk Corona juga nih. Masa test sama vaksin katanya bayar dan lebih mahal juga dari negara lain," pintanya.

Baca juga : Anies Siap Hadapi Lonjakan Kasus Covid-19 Usai Libur Panjang

Sementara, akun @168Raja mendoakan masyarakat yang akan divaksin agar baik-baik saja. "Bravo sehat untuk semua," harapnya. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.