Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kondisi Kolong Jembatan Usai Didatangi Risma

Nggak Ada Lagi Bedeng, Meja Dan Barang Bekas

Selasa, 5 Januari 2021 07:22 WIB
Seorang warga (kanan) mengemas barang miliknya saat petugas PPSU menertibkan hunian liar di kolong jembatan Jalan Proklamasi, Pegangsaan, Menteng, Jakarta. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)
Seorang warga (kanan) mengemas barang miliknya saat petugas PPSU menertibkan hunian liar di kolong jembatan Jalan Proklamasi, Pegangsaan, Menteng, Jakarta. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kolong flyover di Pegangsaan, Menteng, Jakarta Pusat (Jakpus), yang jadi tempat tinggal para pemulung bakal ditata. Rencananya, kolong jembatan layang ini akan dijadikan taman dan ruang terbuka untuk interaksi warga.

Penataan ini dilakukan setelah Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini blusukan ke kolong jembatan Ciliwung Lama, di belakang kantor Kementerian Sosial (Kemensos), Kelurahan Paseban, Senen, Jakpus, Senin (28/12/2020).

Pantauan di lokasi, kini kolong flyover sudah bersih dari bangunan darurat semi permanen. Tak ada lagi pemukiman liar di kolong jembatan. Bedeng-bedeng, meja dan barang-barang bekas hasil pungutan, sudah tak nampak. Kolong jembatan terasa terang dan tak sumpek.

Baca juga : Mulai Senin Besok, Pria Dan Wanita Di Panama Nggak Boleh Belanja Di Hari Yang Sama

Pekan lalu, petugas gabungan dari Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA), Bina Marga dan Pertamanan telah mengosongkan dan membersihkan lokasi tersebut.

Hingga kemarin, puluhan petugas dari berbagai unit kerja perangkat daerah masih nampak kerja bakti di lokasi pinggiran aliran kali tersebut.

Petugas berpakaian biru, hijau dan oranye bahu membahu membawa kayu-kayu dan barang bekas menuju truk oranye tak jauh dari lokasi kolong jembatan. Sementara, petugas yang lain mulai menggali dan mempersiapkan pondasi taman.

Baca juga : Kapolda Metro Jaya: Saya Datang Sendiri, Nggak Diantar Banyak Orang

Pelaksana Harian Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi menyatakan, sebelum kunjungan Mensos, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakpus sudah berkali-kali menertibkan warga di kolong jembatan tersebut.

Namun, warga bandel. Tak lama setelah ditertibkan, mereka kembali lagi tinggal di bawah kolong dan bikin rumah semi permanen.

“Kami jangan dibenturkan dengan Bu Mensos. Di lokasi yang dikunjungi Bu Risma, bukan kita tidak pernah menata. Sudah pernah kita kosongkan, eh kembali lagi. Tapi kami apresiasi Bu Risma yang sudah ikut peduli dan meninjau,” kata Irwandi kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Pos Indonesia Kembali Ditunjuk Kemensos Salurkan Bantuan Sosial

Akhir pekan lalu, Irwandi turun ke lapangan mengecek persiapan penataan kolong jembatan. Pemkot Jakpus sudah menyiapkan desain taman interaksi warga. Rencananya akan dibangun akses jalan yang nyaman untuk warga melintas.

Penataan kolong jembatan di Pegangsaan ini meniru Terowongan Kendal di Menteng, Jakarta Pusat. Dinding terowongan bakal dilukis mural. Juga akan dilengkapi arena bermain anak-anak. Pemkot juga akan menggandeng kelompok seni dan kelompok pemerhati kota dalam penataan ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.